Museum Tsunami Aceh

1 min read

Museum Tsunami Aceh - Museum Tsunami Aceh

Salah satu tempat yang populer di banda aceh yang kini menjadi objek wisata adalah Museum Tsunami Aceh. Tidak lengkap jika kita berpergian ke kota serambi mekah jika tidak mengunjungi museum yang satu ini karena begitu dikenal oleh masyarakat luas di seluruh Indonesia.

Museum Tsunami Aceh merupakan sebuah museum atau simbolis yang dibangun untuk mengenang para korban kedasyatan Tsunami aceh pada tahun 2004 silam. Monumen ini juga sekaligus sebagai pusat pendidikan bencana dan tempat perlindungan darurat jika tsunami terjadi lagi.

Sekedar diketahui, Arsitek yang menggambar museum ini adalah Gubernur Jawa Barat saat ini, Ridwan Kamil. RK merupakan desainer yang memenangkan hasil lelang desain ini di tingkat internasional yang diselenggarakan pada tahun 2007 silam dalam rangka memperingati musibah tsunami 2004.

Menariknya adalah, Museum ini dibangun dengan struktur empat lantai dengan luas 2.500 m² yang dinding lengkungnya ditutupi oleh relief geometris. Didalam Museum ini, kita sebagai pengunjung masuk melalui lorong sempit dan gelap di antara dua dinding air yang tinggi. Hal ini dibuat guna untuk menciptakan kembali suasana dan kepanikan saat tsunami.

Sangkin terkenalnya, Saat ini Museum Tsunami Aceh telah menjadi salah satu objek wisata di kota banda aceh yang tidak boleh kita lewatkan jika berkunjung ke daerah tersebut.

Rute Lokasi

Lokasi Musem Tsunami Aceh di Jl. Sultan Iskandar Muda, Sukaramai, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh 23116. Tidak sulit jika kita ingin berkunjung ke Museum Tsunami Aceh ini. Lokasinya yang strategis membuat kita dapat dengan mudah menjangkaunya.

Lokasinya juga tidak terlalu jauh dengan Masjid Raya Baiturrahman, Satu-satunya masjid yang selamat dari kedasyatan Tsunami Aceh tersebut. Nah, kamu bisa menggunakan navigasi Google Maps diatas untuk mencari rute terbaik jika ingin berkunjung.

Harga Tiket Masuk

Berapa harga tiket masuk ke Museum Tsunami Aceh? Pertanyaan ini paling sering ditanyakan oleh banyak orang melalui internet. Nah, Hingga saat ini, tidak dikenakan biaya apa pun untuk masuk ke museum ini alias Gratis.

Hanya saja, Anda akan dikenakan biaya parkir Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Fasilitas

Banyak hal menarik yang bisa kita temuin jika kita berkunjung ke Museum Tsunami Aceh ini. Dari segi struktur bangunan, Jika kita melihat secara seksama dari atas, maka bangunan ini akan terlihat seperti gelombang tsunami. Namun jika kita lihat dari bawah, maka akan terlihat seperti kapal penyelamat.

Gedung ini terdiri dari 4 lantai. Didalamnya kita dapat menemui nama-nama korban kedasyatan tsunami tersebut dan menjumpai beberapa ruangan yang unik.

Seperti Ruang Renungan, Ruang Cahaya Tuhan, Ruang Jembatan Harapan dan Ruang Evakuasi mengisi ruang-ruang yang ada di dalam gedung Museum Tsunami Aceh ini. Filsofi masing-masing ruangan tersebut dibuat juga secara jelas.

Museum Tsunami Aceh 3 - Museum Tsunami Aceh

Fasilitas lain seperti tempat parkir, mushala, toko souvenir, toilet, ruang geologi, perpustakaan dan penjual makanan juga tersedia di tempat ini kok.

Untuk kamu yang ingin menginap dan menikmati keindahan dan kesakralan tempat ini, kamu bisa mencari penginapan disekitar lokasi museum. Tersedia banyak penginapan dengan harga yang bersahabat.

LokasiJl. Sultan Iskandar Muda, Sukaramai, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh 23116
HTMGratis
Jam Buka09.00 – 16.00

Pulau Weh

Peter Juan
1 min read

Pantai Lhoknga

Peter Juan
1 min read
error: Content is protected !!