Penangkaran Buaya Asam Kumbang

1 min read

Penangkaran Buaya Asam Kumbang - Penangkaran Buaya Asam Kumbang

Jika kamu berada di kota medan, jangan lewatkan untuk mengunjungi Penangkaran Buaya Asam Kumbang ini. Tempat penangkaran buaya ini diklaim merupakan tempat terbesar penangkaran buaya di asia tenggara. Ditempat ini kamu dapat menyaksikan ribuan buaya dengan biaya murah dan tentunya aman. Selain itu, Tempat Wisata di Sumut ini juga menjadi salah satu tempat yang selalu ramai oleh pengunjung loh.

Keberadaan penangkaran buaya ini berawal dari sebuah hobi semata. Lim Hui Cu sebagai pemilik penangkaran menjelaskan, penangkaran yang didirikan oleh suaminya, Lo Than Muk. Sejak 1959, Than Muk sudah hobi memelihara hewan berbahaya ini. Pada awalnya berjumlah 12 ekor saja, dan jumlahnya terus bertambah hingga sekarang sebagai penangkaran terbesar se-Asia Tenggara.

Area penangkaran ini seluas dua hektar, oleh pemiliknya di dalam areal ini telah dibangun 78 bak penangkaran buaya dan setiap bak dihuni sekitar 10-15 buaya disesuaikan dengan umurnya masing-masing. Di penangkaran ini, ada buaya-buaya kecil yang sedikit tidak menyeramkan hingga buaya dewasa yang beumur puluhan tahun.

Buat traveller yang memiliki rencana liburan ke Medan dan suka dengan tempat wisata yang menarik, unik, serta berbeda dengan yang lain. Objek wisata yang satu ini pasti kamu suka, karena di sana kamu bisa berwisata sambil mengenal reptil dengan lebih dekat.

Rute Lokasi

Lokasi Penangkaran Buaya Asam Kumbang ini sejatinya tidak sulit untuk kita tuju. Karena tepat berada di kota medan. Tepatnya beralamat di Jl. Bunga Raya II, Asam Kumbang, Kec. Medan Selayang, Kota Medan.

Banyak akses jika ingin ke tempat ini. Bisa menggunakan Go-car, Go-jek, Grab, angkutan umum, kendaraan pribadi, motor dan lainnya karena mudah untuk dijangkau.

Sebagai pelengkap, kamu bisa mengikuti panduan Google maps diatas untuk sampai ke lokasi ini.

Harga Tiket Masuk

HTM atau biaya masuk penangkaran buaya asam kumbang cukup murah loh. Kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 6.000 per orangnya. Murah bukan?

Namun jika anda ingin melihat atraksi buaya, maka anda harus membayar tiket seharga Rp 50.000 untuk setiap orang.

Nah, jika kamu ingin memberikan makan buaya, kamu bisa membeli bebek Rp 35.000 per ekornya.

Fasilitas

Tentunya selain ribuan buaya yang bisa kita saksikan dari berbagai jenis buaya di Indonesia, fasilitas lain yang mendukung adalah tempat ini cukup asri karena banyak pohon-pohon rimbun disekitar tempat penangkaran buaya.

Indonesia sendiri memiliki 4 jenis buaya, yaitu: Buaya Irian (Crocodylus novaeguneae) yang hidup di wilayah Papua, buaya Kalimantan (Crocodylus raninus) yang banyak ditemui di pulau-pulau di Kalimantan, dan buaya Senyulong (Tomistoma schlegelii) yang banyak ditemui di Pulau Sumatra. Di penangkaran Asam Kumbang, para pecinta reptil bisa menemukan semua jenis tersebut.

Penangkaran Buaya Asam Kumbang1 - Penangkaran Buaya Asam Kumbang

Tempat ini buka setiap hari mulai dari jam 08 pagi hingga jam 6 sore. Jadi, pastikan anda datang tepat waktu untuk melihat buayanya.

Di penangkaran buaya Asam Kumbang pengunjung dapat melihat macam-macam aktivitas yang dilakukan sang buaya. Di pagi hari, buaya suka berjemur seperti dalam keadaan tidur, ada pula yang bergerak lamban seperti kerbau menunggu jam makan. Sang pawang biasa memandikan si buaya-buaya kecil penuh lumpur dalam suatu bak dengan air yang disalurkan ke pembuangan.

LokasiJl. Bunga Raya II, Asam Kumbang, Kec. Medan Selayang, Kota Medan, Sumatera Utara 20128
HTMRp 6.000
Jam Buka08.00 – 18.00 WIB
Telepon(061) 8211134
error: Content is protected !!