Pulau Owi

1 min read

Pulau Owi - Pulau Owi

Keindahan alam bumi cenderawasi memang sangat luar biasa. Banyak tempat yang belum di explore dengan baik di Papua. Baik itu air terjun, laut, danau, gunung dan tentunya pulau-pulau kecil yang begitu banyak digugusan pulau papua.

Jika sebelumnya kita telah membahas Danau Paniai di Papua yang begitu mempesona, Kali ini kita akan membahas keindahan Pulau Owi di Papua yang sangat menawan.

Salah satu yang tidak begitu dikenal oleh banyak orang adalah keindaan Pulau Owi yang begitu mempesona. Padahal sejatinya pulau yang satu ini memiliki sejarah yang tidak terlupakan dan dibeberapa spot terdapat peninggalan sejarah.

Luas Pulau Owi berkisar 820 hektare yang dihuni tidak lebih dari 1.000 nelayan atau masyarakat sekitar. Namun kabarnya masyarakat setempat sangat terbuka bagi para wisatawan yang datang ke pulau mereka.

Keindahan alam, Laut, hutan yang masih asri di Pulau Owi bisa kamu explore ketika berkunjung ke tempat ini. Namun kamu juga diwajibkan untuk mematui aturan yang berlaku di masyarakat lokal. Kamu juga dapat menyelam dan menikmati keindahan terumbu karang di pulau ini yang masih sangat terjaga loh.

Sejarah

Di Pulau Owi terdapat landasan pacu pesawat yang kabarnya dahulu ketika perang dunia II digunakan sebagai markas komando. Jenderal Pasifik Barat AS, Douglas MacArthur berpendapat ketika itu, Untuk menaklukkan Jepang perlu kiranya membangun pangkalan strategis di wilayah ini.

Rute Lokasi

Pulau Owi sendiri berada di gugusan pulau Schouten Islands, Papua. Tidak begitu jauh jika kita mengakses pulau ini dari kota Biak.

Sebelum kamu memutuskan untuk pergi ke Pulau Owi, Kamu terlebih dahulu pergi ke kota biak. Selanjutnya naik angkot dari pasar inpres turun di pasar bosnik.

Nantinya disana ada beberapa perahu yang selalu berlabu. Namun jangan sungkan untuk bertanya, karena tidak semua perahu pergi ke Pulau Owi.

Sebaiknya jika kamu ingin pergi ke Pulau Owi harus setiap hari selasa, kamis dan sabtu itu pun kalau mau irit bisa hari lain lebih cepat tapi harus sewa perahu yang mungkin biayayanya sedikit mahal.

Dari pasar bosnik ini lalu kamu menyebrang ke pulau owi kurang lebih 30 menit saja muda-mudahan cuacanya baik atau tidak berobak karna hati-hati obaknya cukup besar-besar.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk atau htm ke Pulau Owi gratis alias tidak dipungut biaya sepeser pun. Hanya saja kamu akan mengeluarkan budget yang cukup ketika perjalanan ke pulau ini.

Fasilitas

Fasilitas ditempat ini sangat terbatas. Baik itu fasilitas umum atau fasilitas pribadi. Hanya saja, kamu tidak perlu khawatir. Berdasarkan informasi yang Melalakindonesia.com himpun dari berbagai sumber, Masyakarat lokal sangat terbuka ketika wisatawan luar datang berkunjung.

Walau di pulau ini tidak tersedia penginapan, Namun kamu diperbolehkan menginap di rumah kepala desa setempat. Menurut informasi ada 4 rumah kepala desa. Selain itu juga ada rumah menginap khusus bagi wisatawan yang datang yang disediakan masyarakat setempat dan kamu juga diperbolehkan tinggal di rumah-rumah masyarakat.

Pantai di Pulau Owi - Pulau Owi

Selain itu, kamu juga akan dijamu bak tamu. Asal datang dengan niat baik, kamu akan disediakan makanan dan tempat tinggal ketika berkunjung ke tempat ini.

Kamu juga akan dibawa tour keliling Pulau Owi oleh masyarakat setempat dengan menikmati hutan yang rimbun, pasir putih di pantai dan terumbu karang yang terjaga namun dengan catatan kamu datang dengan niat baik. Wah, keren kan?

LokasiPulau Owi, Papua
HTMGratis
Jam Buka24 Jam

Danau Paniai

Peter Juan
1 min read

Telaga Biru Wopersnondi

Peter Juan
1 min read

Pantai Samares

Peter Juan
1 min read
error: Content is protected !!