Telaga Biru Wopersnondi

1 min read

Telaga Biru Wopersnondi - Telaga Biru Wopersnondi

Jika kamu berkunjung ke kota Biak, Papua, jangan lupa untuk menyempatkan mengunjungi salah satu “surga” tersembunyi di Biak. Yaitu Telaga Biru Wopersnondi atau Telaga Biru Biak.

Jernihnya air di danau kecil ini yang berwarna biru membuat mata kita akan tercengang bagaimana indahnya alam di papua, Khususnya di telaga ini yang berada tidak jauh dari Pantai Samares yang sudah di bahas di situs Melalakindonesia.com.

Telaga ini memang belum terlalu dikenal. Masih sedikit para traveller yang membahas telaga cantik ini karena jarang dikunjungi oleh wisatawan lokal dari luar pulau. Kebayakan mereka yang berkunjung ke tempat ini wisatawan lokal di sekitar biak dan wisatawan asing.

Nama telaga ini adalah Wopersnondi yang memiliki arti Woper, melompat dan Snon adalah pria, jadi Wopersnondi berarti Pria yang Melompat. Keren bukan?

Rute Lokasi

Lokasi atau alamat Telaga Biru Wopersnondi berada di Rim, Biak Tim., Kabupaten Biak Numfor, Papua 98152. Butuh perjuangan yang cukup melelahkan jika kita ingin berkunjung ke tempat ini.

Lokasinya sekitar -+ 1 jam dari kota Biak. Dapat dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat. Aspal menuju lokasi cukup mulus. Namun kita perlu berjalan kaki ke lokasi telaga biru di biak ini karena berada di tengah hutan tropis sekitar -+ 1 jam lagi karena tidak dapat dilalui kendaraan.

Bagi kamu yang ingin kelokasi ini, jangan segan-segan untuk bertanya ke warga lokal untuk lokasinya. Karena rambu-rambu jalan sama sekali sangat minim.

Harga Tiket Masuk

Tidak dipungut tiket masuk ke Telaga Biru Wopersnondi ini. Karena pengelolanya masih belum jelas dan belum dikelolah dengan baik.

Namun ketika kita masuk di pintu pertama akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp 20.000 untuk roda dua dan Rp 30.000 untuk roda empat. Retribusi ini dikelolah oleh masyarakat lokal.

Fasilitas

Indahnya Telaga Biru Wopersnondi ini tidak sebanding dengan fasilitas yang ada ditempat ini. Untuk fasilitas umum masih sangat minim atau bahkan hampir tidak ada.

Hanya saja, dipinggiran telaga telah terpasang papan kayu sebagai akses untuk menikmati telaga dari pinggiran yang dibuat oleh masyarakat lokal.

Fasilitas seperti toilet, kamar mandi, warung makan dan lainnya sama sekali tidak ada karena lokasinya berada di tengah hutan tropis. Oleh karena itu, pastikan kamu mempersiapkan diri jika ingin berkunjung ke tempat ini.

Di Telaga Biru Wopersnondi Biak ini, kamu diperbolehkan mandi. Sejuknya air yang berwarna biru, segarnya udara karena telaga ini diapit oleh pepohonan yang masih asri akan menemanimu.

Telaga Biru Wopersnondi Biak - Telaga Biru Wopersnondi

Namun kamu perlu berhati-hati karena di dalam telaga ini terdapat ranting atau kayu pohon yang sudah mati dan masuk ke telaga ini.

Disekitar Telaga Biru Wopersnondi ini juga masih bisa kita jumpai pepohonan yang umurnya mencapai puluhan atau bahkan ratusan tahun. Karena memang tempat ini masih belum terjamah manusia.

LokasiRim, Biak Tim., Kabupaten Biak Numfor, Papua 98152
HTMRp 20.000 (Roda Dua) – Rp 30.000 (Roda Empat)
Jam Buka24 Jam

Pulau Owi

Peter Juan
1 min read

Danau Paniai

Peter Juan
1 min read

Pantai Samares

Peter Juan
1 min read
error: Content is protected !!