10 Tempat Wisata Istimewa di Bangka Belitung

4 min read

wisata bangka belitung - 10 Tempat Wisata Istimewa di Bangka Belitung

Kepulauan Bangka Belitung (Babel) adalah sebuah provinsi di jazirah Sumatera, yang terdiri dari dua pulau utama, yakni Bangka dan Belitung. Jika anda berencana berlibur ke Bangka Belitung, Provinsi ini menawarkan cukup banyak wisata pilihan untuk Anda dikunjungi. Pulau ini memiliki banyak tempat-tempat wisata yang bernuansa Pantai yang tak kalah dengan pantai yang ada di timur Indonesia seperti Bali, Lombok ataupun pantai cantik di indonesia timur lainnya. Berikut 10 spot wisata istimewa di Bangka Belitung.

1. Pulau Ketawai

pulau ketawai - 10 Tempat Wisata Istimewa di Bangka Belitung

Pulau Ketawai, sebuah pulau kecil yang masuk wilayah Desa Kurau, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung. Dengan hanya menempuh perjalanan kurang dari 1 jam menggunakan speed boat dari Desa Kurau, kita bisa menikmati pantai cantik yang sudah mendunia di kalangan para peserta kompetisi olahraga perahu layar.

Pulau Ketawai tidak berpenghuni. Ditumbuhi ratusan pohon-pohon kelapa yang memang ditanam oleh penduduk Desa Kurau, ini menjadi salah satu tempat persinggahan balap perahu layar sekelas internasional seperti Sail Komodo, Sail Morotai dan Sail Karimata. Untuk para pengunjung, tidak perlu khawatir untuk masalah makanan, karena banyak para pedagang yang menjual makanan dan minuman di situ, walaupun mereka tidak tinggal di situ.

2. Danau Kaolin

danau kaolin - 10 Tempat Wisata Istimewa di Bangka Belitung

Tempat wisata di Bangka Belitungyang wajib banget kamu kunjungi adalah Danau Kaolin. Danau Kaolin bisa dibilang adalah danau paling terkenal di Bangka. Danau Kaolin tercipta akibat penggalian tambang timah.

Nah, setelah kandungan timahnya habis, danau ini merefleksikan warna langit biru yang sangat indah. Selain danau yang berwarna biru, ada juga danau berwarna hijau yang menambah daya tarik Danau Kaolin Air Bara ini. Waktu terbaik untuk menikmati keindahan alam di Danau Kaolin ini adalah saat sore hari.

Kamu bisa menunggu matahari terbenam sambil berswafoto untuk menikmati pemandangan yang memukau. Danau Kaolin ini terletak di Desa Nibung, Kabupaten Bangka Selatan. Berjarak 50 km dari Pangkalpinang dan memerlukan waktu kira-kira satu jam. Tempat wisata di Bangka ini sangat mudah sekali untuk dikunjungi. Beberapa meter sebelum masuk pemukiman Desa Air Bara, beloklah ke barat pada perempatan Simpang Bemban.

3. Pulau Lengkuas

pulau pelepas - 10 Tempat Wisata Istimewa di Bangka Belitung

Terletak di sebelah utara Pantai Tanjung Kelayang, Pulau Lengkuas merupakan satu dari ratusan pulau yang mengelilingi Pulau Belitung. Perjalanan menuju Pulau Lengkuas bisa ditempuh dengan cara menyewa perahu nelayan. Lama perjalanan sekitar 20 menit dari Tanjung Kelayang dan selama sekitar 30-45 menit dari Tanjung Bunga atau Tanjung Tinggi.

Mercusuar tua yang dibangun oleh pemerintah Kolonial Belanda pada tahun 1882 berdiri kokoh di Pulau Lengkuas. Hal ini menjadi daya tarik yang kuat bagi wisatawan. Meski usianya lebih dari 150 tahun, Mercusuar Pulau Lengkuas masih berfungsi dengan baik sebagai penuntun lalu lintas kapal yang berada di sekitar Pulau Belitung.

Pulau-pulau kecil di sekitar Pulau Lengkuas tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Sobat tiket juga bisa menikmati keindahan bawah laut dengan snorkeling dan menyelam. Tentunya tetap jaga laut Indonesia dengan tidak membuang sampah dalam bentuk apapun ke laut ya.

4. Bangka Botanical Garden

bangka botanical garden - 10 Tempat Wisata Istimewa di Bangka Belitung

Di tengah lingkungan Bangka yang banyak meninggalkan bekas penggalian timah, tentu memberikan luka tersendiri terhadap lingkungan alam di sekitarnya. Nah, dengan adanya Bangka Botanical Garden (BBC), seolah menjadi penyejuk di tengah kerusakan lingkungan akibat galian tambang timah.

Terletak di daerah Ketapang, Kecamatan Air Itam, Kota Pangkal Pinang, BBC ini memiliki luas lahan yang cukup besar, yaitu 300 hektar. BBG menjadi salah satu ikon agrowisata di Pulau Bangka yang wajib dikunjungi. Pasalnya, di sini kamu bisa menikmati hutan pinus yang cantik di tengah panasnya Bangka.

5. Gunung Menumbing

gunung menumbing - 10 Tempat Wisata Istimewa di Bangka Belitung

Menyusuri wisata Bangka Belitung, kamu wajib lihat langsung seperti apa tempat pengasingan Bung Karno dan Bung Hatta oleh Belanda pada tahun 1948 silam. Tempat tersebut berada di dalam Gunung Menumbing, dengan ketinggian sekitar 355 mdpl.

Saat masuk ke dalam, kamu akan menemukan ruangan rapat Bung Karno dan Bung Hatta, mobil Ford yang menjadi kendaraanya saat berada di pulau ini, kamar tidur mereka, hingga lonceng tua yang konon digunakan untuk memanggil tentara Belanda berkumpul saat itu.

6. Jembatan Emas

jembatan emas - 10 Tempat Wisata Istimewa di Bangka Belitung

Jembatan yang dibangun pada tahun 2012 ini menghubungkan kota Pangkal Pinang dengan wilayah pesisir Kabupaten Bangka, yaitu Desa Air Ayer, Merawang. Membentang sepanjang 700 meter, jembatan ini terlihat sangat megah.

Teknologi yang digunakan juga mirip dengan Tower Bridge London yaitu menggunakan sistem buka tutup, sehingga kapal-kapal besar yang ada di bawahnya tetap bisa melewati jembatan ini. Tidak heran jika Jembatan ini menjadi tempat yang seru untuk berfoto ria ataupun hanya sekedar menikmati pemandangan arus sungai Pangkal Balam.

7. Batu Belimbing

batu belimbing - 10 Tempat Wisata Istimewa di Bangka Belitung

Suka makan buah belimbing? segar dan renyah langsung terasa saat gigitan pertama. Berbeda dengan buah belimbing, jangan sekali-kali mencoba untuk makan Batu Belimbing ya sobat tiket. Selain keras, lebih cocok digunakan untuk latar belakang fotomu saat liburan di Bangka Belitung.

Tumpukan batu granit besar menjulang tinggi berbentuk mirip buah belimbing ini tampak kokoh. Kabarnya, batu tersebut terbentuk akibat membekunya magma dalam perut bumi yang terjadi ratusan tahun lalu. Sobat tiket.com bisa menikmati suasana matahari terbenam dengan latar belakang pantai yang berada di belakang Batu Belimbing.

8. Pantai Tongaci

pantai tongaci - 10 Tempat Wisata Istimewa di Bangka Belitung

Ratusan tukik jenis Penyu Hijau dan Penyu Sisik berbagai ukuran berenang dalam sebuah kolam. Di sisi lain tampak penyu sedang menetas. Pemandangan seperti itu sudah biasa terjadi di tepi Pantai Tongaci. Tempat konservasi ini didirikan sebagai upaya untuk melindungi penyu dari kepunahan serta memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga alam.

Selain bisa melihat penyu-penyu lucu bercengkrama, sobat tiket tentunya disuguhi pemandangan pantai yang menawan. Payung-payung khas China menyambut sobat tiket saat pertama kali menuju kawasan Pantai Tongaci. Suasana jadul terpancar dengan adanya ornamen unik dan klasik.

9. Pantai Pasir Padi

pantai pasir padi - 10 Tempat Wisata Istimewa di Bangka Belitung

Pantai dengan garis pantai sepanjang 100 hingga 300 meter ini patut dikunjungi. Dengan menempuh perjalanan sekitar 7 km dari Kota Pangkalpinang kamu bisa merasakan langsung pasir pantai yang sangat halus dan putih bersih. Sarana prasarana di Pantai Pasir Padi sudah cukup lengkap seperti toilet, mushola, pos keamanan dan kamar ganti.

Hamparan pasir pantai sepanjang lebih kurang 2 km memanjakan sobat tiket untuk bebas bermain olahraga pantai. Ombak yang tenang juga menenangkan hati saat bermain air dan berenang. Pantas saja kalau kunjungan wisatawan ke pantai ini mencapai sekitar 6.000 orang per hari saat hari libur.

Struktur pantai yang landai dan kontur pasir yang padat karena terdapat pasir timah yang terdapat di bawah pasir pantai membuat pantai ini nyaman untuk dilalui. Sekitar 200 meter dari bibir pantai tampak Pulau Punai yang kecil nan indah yang bisa dikunjungi saat pantai surut. Restoran, ruang konferensi, ruang pameran dan lainnya melengkapi daftar fasilitas di Pantai Pasir Padi.

10. Pantai Tikus

pantai tikus - 10 Tempat Wisata Istimewa di Bangka Belitung

Sebuah Vihara megah bersanding dengan pancaran warna biru dari laut menampilkan pemandangan yang tidak biasa. Nama Pantai Tikus kabarnya karena di sekitar pantai banyak jalan tikus alias jalan setapak yang konon kabarnya digunakan oleh penambang timah gelap untuk membawa hasil tambangnya ke tepian pantai. Selain itu, ada juga yang menyebutkan kalau dahulu di area pantai ini terdapat banyak tikus berkeliaran.

Fasilitas yang disediakan oleh pengelola cukup lengkap untuk pantai yang tergolong baru. Olahraga air, voli pantai, flying fox, sampai berkemah bisa sobat tiket.com lakukan di Pantai Tikus. Dengan jarak tempuh sekitar 45 menit dari Kota Pangkalpinang, kamu sudah bisa menikmati keindahan pasir putih dengan sedikit batu granit.

error: Content is protected !!