10 Tempat Wisata Terbaik Di Banten

3 min read

wisata banten - 10 Tempat Wisata Terbaik Di Banten

Provinsi Banten adalah Provinsi yang terletak di ujung barat Pulau Jawa. Karena lokasinya yang strategis, provinsi Banten memiliki potensi wisata yang luar biasa sehingga sering menjadi pilihan tempat wisata bagi warga Jakarta dan sekitarnya.

Banyak sekali pantai-pantai yang dapat menjadi rekomendasi untuk tempat wisata di Banten ini. Namun tak hanya pantai, ada juga beberapa destinasi wisata lain yang tentunya akan membuat anda berdecak kagum. Berikut 10 tempat wisata terbaik di Banten.

1. Masjid Agung Banten

masjid agung banten - 10 Tempat Wisata Terbaik Di Banten

Masjid Agung Banteng yang memiliki arsitektur bangunan yang masih kental dengan ciri khas pada zaman dahulu ini sudah berdiri sejak tahun 1569 yang lalu. Masjid ini memiliki beberapa perpaduan yang sangat etnik.

Budaya Hindu, China, Jawa dan Eropa sekaligus jadi satu dipadukan dalam Masjid Agung yang berlokasi di Jl. Banten Lama, Kasemen Serang ini. Tak hanya Masjid biasa, tempat ini juga sering dijadikan tempat berwisata oleh para pengunjung karaena keindahan dan kemegahan dari Masjid yang menjadi ciri khas umat Islam di Banten.

2. Taman Nasional Ujung Kulon

taman nasional ujung kulon - 10 Tempat Wisata Terbaik Di Banten

Siapa yang tidak tahu dengan Taman Nasional Ujung Kulon. Taman Nasional ini yang merupakan kawasan paling konservasi dengan alam yang berada di Indonesia ini sangat berperan penting dan masih dijaga maupun dilestarikan oleh Indonesia. Banyaknya daya tarik yang membawa para pengunjung untuk menginjakan kakinya di tempat wisata di Banten ini adalah, adanya beberapa hutan tropis dengan dataran rendah yang sangat indah dan menakjubkan.

Serta, kamu bisa bertemu dengan badak bercula satu di tempat ini. Tak hanya itu saja, masih ada banyak sekali beberapa jenis hewan yang dilindungi di Taman Nasional Ujung Kulon ini, beberapa diantaranya adalah; Badak Jawa, Banteng, Babi Hutan, Kukang, dan berbagai macam jenis burung dan primata, dan binatang lainnya.

3. Tanjung Lesung

tanjung lesung - 10 Tempat Wisata Terbaik Di Banten

Tempat wisata di Banten dengan batuan karang dan panorama alami ini bernama Tanjung Lesung. Pantai ini mempunyai pasir berwarna putih dengan bentuk karangnya yang unik. Rancangan pantai ini bernuansa khas Bali. Wisatawan lokal bahkan turis mancanegara banyak yang datang berkunjung untuk menikmati indahnya obyek wisata Tanjung Lesung.

Pantai tanjung lesung terkenal dengan pantai dengan angin sedang, sehingga sangat cocok untuk melakukan olahraga baik, seperti berselancar dengan ombak yang pas. Tak hanya itu, pantai yang ditumbuhi pohon-pohon kecil di sekitarnya ini menambah nilai plus pantai dengan kerindangannya dan lingkungan yang masih asri.

4. Rawa Dano

rawa dano - 10 Tempat Wisata Terbaik Di Banten

Lokasi Rawa Dano berada di Kabupaten Serang. Bisa kamu tempuh kurang lebih berjarak 100 kilometer dari Jakarta. Rawa Dano yang merupakan salah satu tempat wisata di Banten ini memiliki keindahan alam yang sangat indah sekali dan sangat sayang untuk kamu lewatkan.

Sesuai dengan namanya, Rawa Dano ini memiliki danau, rawa-rawa dan hutan. Tempatnya yang memiliki luas kurang lebih 2,500 hektar ini ternyata masih memiliki banyak sekali satwa berjenis reptil seperti kadal dan ular.

5. Gunung Krakatau

gunung krakatau - 10 Tempat Wisata Terbaik Di Banten

Selain letusan gunung yang teramat dahsyat, Krakatau juga terkenal karena medan yang menantang. Jadi Gunung Krakatau sangat disukai oleh para pecinta alam sampai dengan wisatawan mancanegara. Gunung yang meletus pada 1883, suara letusannya terdengar sampai dengan Benua Australia, awan panasnya pun sampai ke beberapa tempat di Eropa. Letusan itu membentuk sebuah gunung baru yang kini dikenal dengan nama Gunung Anak Krakatau.

Anak Krakatau timbul ke permukaan pada tahun 1928 dan termasuk dalam gunung yang aktif sampai sekarang. Walau lokasi wisata ini ada di Selat Sunda dan masuk ke Provinsi Lampung, akan tetapi sangat mudah menjangkau Anak Krakatau dari Pantai Anyer-Carita. Izin mendarat di Pulau Gunung Anak Krakatau, dapat kita peroleh juga di tempat ini.

Perjalanan ke sana ditempuh menggunakan perahu motor. Kita bisa melakukan berbagai kegiatan saat liburan ke destinasi wisata yang satu ini, diantaranya adalah berkemah, mancing, menikmati keindahan panorama alam laut yang memikat.

6. Pantai Anyer

pantai anyer - 10 Tempat Wisata Terbaik Di Banten

Pantai yang termasuk wisata favorit di Banten ini mempunyai hamparan pasir putih luas membentang dengan ombak yang tenang. Salah satu tempat wisata di Banten yang ramai dikunjungi wisatawan atau pelancong. Beberapa aktivitas yang bisa kita lakukan ketika berlibur kemari antara lain berenang, banana boat, main pasir, snorkeling, diving, jetski, sampai dengan jalan menikmati indahnya pantai.

Tak hanya itu saja, terdapat area perkemahan di sekitar Pantai Anyer. Sebetulnya Pantai Anyer terdiri atas beberapa pantai dengan nama yang berbeda-beda, akan tetapi karena lokasinya di garis pantai yang sama, orang-orang menganggap semuanya adalah kawasan Pantai Anyer.

7. Perkampungan Suku Baduy

perkampungan suku baduy - 10 Tempat Wisata Terbaik Di Banten

Suku asli Banten yang telah bertahun-tahun menetap di sini adalah suku baduy. Keunikan dari Perkampungan Suku Baduy adalah kita akan disuguhi pemandangan betapa murninya budaya suku tersebut serta adat istiadatnya. Di sini kita tak hanya bersenang-senang saja, melainkan juga dapat mempelajari dan mengenal lebih jauh adat istiadat suku baduy. Lingkungan yang asri menjadi fokus utama wisatawan dalam berkunjung ke tempat ini.

8. Danau Tasikardi

danau tasikardi - 10 Tempat Wisata Terbaik Di Banten

Danau Tasikardi adalah obyek wisata alam sekaligus wisata sejarah di Banten. Di sini banyak dijumpai peninggalan Kerajaan Banten. Nama danau yaitu Tasikardi berasal dari 2 kata bahasa sunda, yaitu Tasik dan Ardi yang memiliki arti danau buatan. Dalam sejarahnya, danau ini dibuat ketika pemerintahan Panembahan Maulana Yusuf yang merupakan sultan kedua dari Kesultanan Banten. Dulunya danau ini disebut dengan Situ Kardi dan konon dasar danau terbuat dari ubin batu bata. Pada masanya danau ini dipakai untuk menampung air Sungai Cibanten yang mengairi lokasi ini.

Danau Tasikardi dengan pemandangan indah dan adanya persawahan hijau di sekitarnya, membuat para pengunjung betah menghabiskan waktu liburannya di obyek wisata yang satu ini. Di dalam danau, banyak terdapat ikan-ikan yang boleh dipancing, selain kegiatan mancing, hal lain yang dapat dilakukan adalah camping di area camping yang terletak dekat Danau Tasikardi, berperahu ke pulau kecil yang dulunya adalah tempat rekrerasi bagi keluarga sultan.

Di pulau kecil tersebut, dapat dijumpai aneka peninggalan Kesultanan Banten. Menuju lokasi wisata Danau Tasikardi, bila ditempuh dari Kota Serang anda dapat naik angkutan umum ke Kramatwatu. Atau bisa pula pakai kendaraan pribadi mengambil jalur Cilegon.

9. Arung Jeram Sungai Ciberang

arung jeram sungai ciberang - 10 Tempat Wisata Terbaik Di Banten

Bagi anda yang suka petualangan yang menantang dan memacu adrenalin, cobalah melakukan rafting atau arung jeram di Sungai Ciberang. Sungai ini terletak di pedalaman Banten dan tergolong masil asli (alami). Beberapa jalur pengarungan yang tersedia di lokasi ini antara lain, jalur pemula sepanjang 700 meter sampai dengan jalur sepanjang 25 km dan dapat ditempuh dalam kurun waktu sekitar 5 jam.

Ketika menyusuri sungai ini, pemandangan alam hijau di kiri dan kanan dari Taman Nasional Gunung Halimun begitu memanjakan mata. Kita pun dapat melihat bermacam kegiatan warga saat melewati satu kampung ke kampung lainnya. Wisata yang satu ini sangat pas bagi anda penyuka wisata alam yang memacu adrenalin.

10. Pulau Dua / Pulau Burung

pulau dua - 10 Tempat Wisata Terbaik Di Banten

Pulau Dua / Pulau Burung Pulau Dua atau Pulau Burung, adalah cagar alam seluas 30 hektar yang berlokasi di lepas pantai Banten. Seperti namanya, pulau ini dihuni oleh berbagai jenis burung dalam jumlah besar. Sekitar bulan April sampai dengan bulan Agustus, banyak sekali burung dari berbagai benua datang berkunjung ke Pulau Burung. Setelah musim berlalu, sebagian besar burung tersebut kembali ke tempat asalnya.

error: Content is protected !!