10 Spot Wisata Unik di Kalimantan Selatan

3 min read

wisata kalimantan selatan - 10 Spot Wisata Unik di Kalimantan Selatan

Kalimantan Selatan merupakan Provinsi yang banyak terdapat sungai-sungai besar. Bahkan kota Banjarmasin yang merupakan ibukota Provinsi Kalsel ini dibelah oleh banyak sekali sungai seperti Sungai Barito, Sungai Martapura dan SUngai Sipandai. Provinsi yang letaknya di bagian paling selatan dari Pulau Kalimantan ini memiliki segudang daya tarik terutama sektor pariwisata yang sayang untuk dilewatkan.

Berbagai pilihan spot wisata hampir semuanya dimiliki oleh Kalimantan Selatan. Menariknya lagi, hampir semua spot wisata yang ada bisa dinikmati dengan harga yang relatif murah, bahkan gratis. Dan pastinya, tempatnya Instagrammable, lho! Berikut 10 spot wisata keren yang harus kamu kunjungi di Kalimantan Selatan.

1. Pasar Terapung Lok Baintan

pasar terapung lok baintan - 10 Spot Wisata Unik di Kalimantan Selatan

Siapa sih yang tidak kenal dengan pasar terapung Banjarmasin? Pasar tradisional yang berada terapung di atas sungai ini jadi salah satu destinasi wisata andalan Banjarmasin. Di sini kamu bisa merasakan suasana pasar namun di atas sungai. Aneka sayur, buah serta barang kebutuhan pokok lain dijual di atas perahu, dan ternyata masih ada beberapa penjual yang menerima sistem barter lho.

2. Jembatan Barito

jembatan barito - 10 Spot Wisata Unik di Kalimantan Selatan

Sesuai namanya, jembatan ini melintas dengan gagah di atas Sungai Barito. Jembatan ini sering digunakan untuk kegiatan bridge jumping oleh anak-anak muda Banjarmasin. Dulu di area jembatan dekat bantaran sungai banyak terlihat bekantan, primata khas Kalimantan.

Kamu juga bisa bersantai menikmati senja sambil berwisata kuliner di warung-warung makan yang tersedia di sekitar bantaran Sungai Barito.

3. Bukit Telang

bukit telang - 10 Spot Wisata Unik di Kalimantan Selatan

Ingin merasakan indahnya pemandangan di atas perbukitan bak di Selandia Baru? Kamu bisa mengunjungi Bukit Telang yang terletak di Desa Martadah, Kecamatan Tambang Ulang, Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Dengan lanskap perbukitan yang indah ditambah cahaya matahari yang sendu di pagi atau sore hari, kamu bisa mengabadikan keberadaan di bukit ini dengan lewat bidikan lensa kameramu, dijamin fotomu akan ciamik.

Sebelum mencapai puncak bukit, kamu harus trekking selama kurang lebih 30 menit dengan rute yang menanjak. Meski cukup melelahkan, kamu akan disambut dengan hamparan padang savana menghijau yang indah di puncak bukit.

Buat kamu yang ingin berkunjung ke Bukit Telang tidak dikenakan biaya tiket masuk, alias gratis. Kamu hanya perlu membayar tiket parkir kendaraan saja sebesar Rp 5 ribu hingga Rp 10 ribu.

4. Labirin Pelaihari

labirin pelaihari - 10 Spot Wisata Unik di Kalimantan Selatan

Labirin Pelaihari adalah salah satu labirin yang cukup sulit dan menantang. Walaupun begitu, ketika menjajal labirin ini, kamu dapat merasakan keseruannya bak di film The Maze Runner.
Terletak di Tambang Ulang, Tanah Laut, Kalsel, objek wisata ini memiliki daya tarik tersendiri, karena keunikan dan tingkat kesulitannya.

Selain keseruan menjelajahi labirin, kamu juga bisa menemui sejumlah spot asyik untuk berswafoto di gardu pandang hingga danau buatan yang ada di sana.

Untuk menjajal keseruan di Labirin Pelaihari, harga tiket masuknya tidak menguras kantong, lho, karena kamu hanya perlu membayar sekitar Rp 2 ribu.

5. Pulau Samber Gelap

pulau samber gelap - 10 Spot Wisata Unik di Kalimantan Selatan

Destinasi berikutnya yang menarik untuk kamu kunjungi di Kalsel adalah Pulau Samber Gelap. Meski namanya terlihat sangar, pulau ini ternyata menjadi surganya para penyelam karena keindahan bawah lautnya. Airnya yang jernih, terumbu karang yang cantik dan beragam, membuat snorkeling serta diving menjadi kegiatan wajib yang harus kamu lakukan jika berlibur ke pulau ini.

Selain itu, kamu juga bisa menyusuri indahnya panorama alam sekitar pulau Samber Gelap yang indah. Tak ketinggalan, bermain di pantai dengan pasirnya yang putih pun juga menjadi hal seru yang menarik untuk dicoba.

Dari sekian banyak kegiatan menarik di atas, kamu juga bisa, lho, ikut ambil bagian dalam kegiatan konservasi penyu di pulau tersebut. Untuk menikmati pulau ini, kamu tidak dikenakan biaya dan juga bisa memilih daftar paket wisata yang ada di Pulau Samber Gelap.

6. Up House

up house - 10 Spot Wisata Unik di Kalimantan Selatan

Kamu pastinya familiar dengan tokoh kartun Mr. Fredricksen dan Russel di film animasi Up. Siapa sangka ternyata rumah Mr. Fredricksen yang dipakai untuk berpetualang ke Paradise Falls, justru malah ‘mendarat’ di Banjarmasin, tepatnya di daerah Kayutangi. Buat kamu yang ingin merasakan sensasi petualangan seru mereka di film tersebut bisa mengunjungi Up House.

Rumah dengan warna-warni yang cerah ini menjadi spot buruan wisatawan saat plesiran ke Banjarmasin. Kamu dapat berfoto di luar rumah yang anti-mainstream atau masuk ke dalam rumah. Namun, ada hal yang harus dipatuhi, yaitu untuk tidak masuk ke dalam rumah dan membuat kotor dinding.

Untuk berfoto dengan latar belakang Up House, kamu cukup membayar sebesar Rp 2 ribu atau paket berfoto untuk dua orang ditambah empat balon dengan harga Rp 10 ribu.

7. Danau Biru Pengaron

danau biru pengaron - 10 Spot Wisata Unik di Kalimantan Selatan

Destinasi wisata menarik yang bisa kamu kunjungi di Kalsel adalah Danau Biru Pengaron. Danau ini dulunya merupakan bekas tanah tambang atau penggalian batu bara. Terletak di Kabupaten Banjar, Danau Biru Pengaron memiliki keindahan yang tiada duanya. Airnya berwarna biru, dengan tebing-tebing hasil kerukan alat berat mengelilingi danau itu sendiri.

Perpaduan warna air yang biru, serta tekstur tanah yang berwarna-warni memberikan keindahan tersendiri. Belum lagi semburat warna hijau dari pepohonan dan rumput, serta ilalang yang ada di puncak bukit, seakan menambah eksotisme tempat ini. Untuk menikmati keindahan Danau Pengaron, wisatawan tidak dipungut biaya sepeser pun. Kamu hanya perlu membayar biaya parkir saja.

8. Goa Batu Hapu

goa batu hapu - 10 Spot Wisata Unik di Kalimantan Selatan

Memiliki kesamaan dengan pantai Air Manis, Padang. Yang terdapat batu Malin Kundang, dengan kisahnya sebagai anak durhaka. Konon, gua ini juga terbentuk dari pecahan kapal yang dimiliki oleh Angui. Seorang anak durhaka yang dikutuk oleh ibunya. Terlepas dari legenda, penampakan bagian luar gua terlihat gagah dan elok.

Begitu juga pada bagian dalamnya, yang dipercantik oleh stalaktit dan stalakmitnya. Gua Batu Hapu terletak di desa Batu Hapu, kecamatan Hatungan, Tapin. Bagi kamu yang hendak kemari, siapkan stamina juga karena untuk masuk ke dalam gua. Tedapat banyak anak tangga yang cukup menguras energi.

9. Hutan Pinus Mentaos

hutan pinus mentaos - 10 Spot Wisata Unik di Kalimantan Selatan

Wisata hutan pinus memang sedang hits di Indonesia. Jika dahulu pemandangan hutan pinus masih terkesan biasa, dan tidak menarik. Sekarang, menjadi tempat yang harus dikunjungi untuk berlibur. Hutan pinus Mentaos, salah satunya.

Terletak di wilayah kabupaten Banjarbaru, hutan pinus ini makin cantik dengan keberadaan payung, balon, dan hammock yang berwarna-warni. Apalagi semenjak terselenggaranya acara Festival Pinus Merkusii, pengunjung banyak yang tertarik untuk menghabisakan waktunya berkunjung hutan pinus Mentaos.

10. Teluk Tamiang

teluk tamiang - 10 Spot Wisata Unik di Kalimantan Selatan

Buat kamu yang baru pertama kali menginjakkan kaki di Kalimantan Selatan, teluk Tamiang adalah destinasi yang harus kamu sambangi di awal ketika sampai di sini. Berada di wilayah Pulau Laut Tanjung Selayar, kabupaten Kotabaru. Destinasi ini paling pas bagi kamu yang ingin jauh-jauh dari hiruk pikuk perkotaan.

Meskipun jarak yang ditempuh ke lokasi cukup memakan waktu. Semuanya akan terbayar lunas dengan panorama alam yang sangat menawan. Berenang, snorkeling, dan bermain di pasir putih tepian teluk, menjadi kegiatan seru selama berada di sini.

error: Content is protected !!