10 Tempat Wisata Mengaggumkan di Kalimantan Tengah

3 min read

wisata kalimantan tengah - 10 Tempat Wisata Mengaggumkan di Kalimantan Tengah

Sama seperti daerah lain di Indonesia, Kalimantan tengah juga memiliki beragam tampat wisata yang cukup mengaggumkan. Memiliki topografi berbukit atau dataran tinggi dan juga dataran rendah di pesisir, menyimpan begitu banyak potensi wisata yang belum digali secara maksimal.

Tempat wisata di Kalimantan Tengah banyak tersebar di berbagai Kabupaten dan Kota yang ada di dalamnya. Nah, mau tau apa saja tempat wisata mengaggumkan yang ada di Kalimantan tengah? Berikut ini 10 di antaranya.

1. Taman Nasional Tanjung Puting

taman nasional tanjung puting - 10 Tempat Wisata Mengaggumkan di Kalimantan Tengah

Pesona Taman Nasional Tanjung Puting sudah diakui dunia. Sejak 1984, taman nasional ini telah menjadi pusat rehabilitasi orang utan pertama di Indonesia. Bahkan, taman nasional ini telah dianggap UNESCO sebagai cagar biosfer.

Tiket masuknya murah meriah. Adapun rinciannya yakni tiket masuk Rp12 ribu, kamera Rp 5.000, handycam Rp 15 ribu, tiket klotok Rp50 ribu, dan parkir klotok Rp10 ribu. Harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu.

2. Bukit Tangkiling

bukit tengkiling - 10 Tempat Wisata Mengaggumkan di Kalimantan Tengah

Seperti yang disampaikan Presiden Jokowi, Palangkaraya memang masih didominasi kawasan hutan. Gak heran kalau kita mudah menemukan tempat wisata yang masih alami di sini. Salah satunya Bukit Tangkiling yang berjarak 34 kilometer dari pusat kota. Kamu bisa melihat berbagai macam jenis satwa, wisata religi, dan memacu adrenalin di sini.

Keunikan Bukit Tangkiling yakni panorama alamnya. Kamu bisa memandang dari kejauhan jembatan Kahayan, Bukit Baranahu, Tabala, hingga Liau yang indah.

3. Sebangau National Park

taman nasional sebangau - 10 Tempat Wisata Mengaggumkan di Kalimantan Tengah

Taman Nasional Sebangau memakan waktu sekitar 20 menit dari bandara kecil Riwut Palangkaraya, tiba di dermaga Kereng Bangkirai yang merupakan pintu masuk ke taman nasional. Diperkirakan 6.500 ke 9.000 populasi orangutan liar tersebar di seluruh hutan gambut. Wilayah Taman Nasional Sebangau sekitar 568 700 ha, dengan sumber daya alam dimilikanya mencakup 808 spesies tanaman, 15 jenis mamalia, 182 jenis burung, dan 54 spesies ular.

Jenis-jenis flora yang tumbuh subur di daerah rawa gambut sebagai taman nasional memiliki nilai ekonomi yang baik dari produk kayu dan non-kayu. Beberapa jenis kayu komersial seperti Ramin, Meranti Java , Jelutung, Nyatoh, Calophyllum, Kapur Naga dll Adapun spesies fauna yang ada orangutan, Bakantan, Beruang owa, burung enggang, Tiger Daun, Ekor Panjang Monyet dan lain-lain.

4. Danau Tahai

danau tahai - 10 Tempat Wisata Mengaggumkan di Kalimantan Tengah

Kata berasal dari bahasa Tahai Dayak berarti danau, yang terletak di Desa Danau Tahai Tahai, Kecamatan Tumbang Tahai, Bukit Kabupaten Batu, Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Di danau ada sekelilig sinkronisasi danau jembatan kayu dan hutan. Jembatan ini satu-satunya jalan menuju ke tengah danau untuk menikmati pemandangan Lamya. Di hutan ada jalur dari kayu yang bisa dilalui oleh para wisatawan untuk menyusuri kawasan hutan.

Jika beruntung, Anda dapat menemukan uwak-uwak (spesies kera khas daerah) diawasi oleh pemerintah. Setelah memuaskan petualangan di sini ada gazebo untuk beristirahat dan menikmati air dingin. Fasilitas lainnya adalah sepeda angsa, karaoke, perahu dayung, masjid, restoran, area parkir, keamanan pos, dan di mana untuk mengajukan. Lokasi Danau Tahai – + 3 km dari tepi jalan, pengunjung dapat menggunakan transportasi / mobil umum ke jalan beraspal dan cukup bagus.

5. Pantai Ujung Pandaran

pantai ujung pandaran - 10 Tempat Wisata Mengaggumkan di Kalimantan Tengah

Kalau kamu pengin ke pantai, cobalah pergi ke Desa Ujung Pandaran. Kamu bakal menemukan Pantai Ujung Pandarat yang memukau di sana. Pantai ini cukup populer karena menawarkan pemandangan sunrise dan sunset yang menakjubkan. Lebih ramai lagi ketika 10 Syawal atau sekitar 10 hari setelah Idulfitri. Terdapat ritual kaleng laut, para nelayan bekerja sama untuk membersihkan pantai. Mereka percaya ritual ini akan memberikan rasa aman dan keberuntungan.

6. Tugu Soekarno

tugu soekarno palangkaraya - 10 Tempat Wisata Mengaggumkan di Kalimantan Tengah

Tugu yang dibangun Presiden Soekarno ini bertempat di Jalan S. Parman. Saat itu, Bung Soekarno, sapaan akrabnya, membangun tugu sebagai penanda untuk pemindahan ibu kota Indonesia ke Palangkaraya. Meski pada akhirnya belum terealisasi, tugu yang memiliki 17 pancang dengan tiang utama setinggi enam meter ini telah menjadi taman kota. Dengan banyaknya pepohonan rindang beserta tempat duduknya, tempat ini sangat nyaman untuk menikmati senja.

7. Pantai Kubu

pantai kubu - 10 Tempat Wisata Mengaggumkan di Kalimantan Tengah

Pantai berpasir putih ini terletak di kawasan Kubu, Kabupaten Barito. Kamu bisa bermain banana boat, wisata kuliner, belanja, dan sebagainya. Bisa juga menyewa perahu untuk touring di sini.

8. Nyaru Menteng Arboretum

nyaru menteng arboretum - 10 Tempat Wisata Mengaggumkan di Kalimantan Tengah

Arboretum Nyaru Menteng adalah daya tarik yang menarik dalam bentuk hutan di mana ada banyak spesies flora dan fauna serta koleksi berbagai jenis tanaman. Selain wisata alam dan kawasan lindung, Arboretum Nyaru Menteng terletak penelitian tanaman langka di Sub Tumbang tahay Kecamatan Palangkaraya Bukit Batu.

Dengan luas wilayah 65,2 ha Arboretum Nyaru Menteng adalah bagian dari perkemahan pramuka (kawasan konservasi plasma nutfah ekosistem hutan rawa di Provinsi Kalimantan Tengah). Berbagai jenis flora dan fauna yang hidup di daerah ini adalah jenis yang tumbuh di ekosistem hutan rawa.

Fasilitas lain yang Oranutan Reintroduksi Pusat Informasi, ruang pertemuan, Shelter, pekerjaan Pondok, parkir, pos jaga dan MCK. Reintroduksi Orangutan Pusat daya tarik bagi pengunjung lokal dan asing. Kegiatan yang dapat dilakukan adalah konservasi pendidikan ekosistem, pengenalan ekosistem rawa gambut, dan membina cinta alam (untuk siswa).

Untuk pergi ke Arboretum Nyaru Menteng Palangkaraya dapat ditempuh dengan kendaraan darat – + 30 menit, melalui Jl. Tjilik Riwut menuju Tangkiling dan di Km 28, belok kanan menuju Taman Danau Tahai.

9. Kota Air Muara Teweh

kota air muara teweh - 10 Tempat Wisata Mengaggumkan di Kalimantan Tengah

Muara Teweh adalah ibukota dari Kabupaten Barito Utara, terutama yang berasal dari suku Dayak Bakumpai. Sebagai kota air, muara Teweh memiliki cukup rumah-rumah terapung, rumah apung mengatur sepanjang Sungai Barito. Pengunjung juga akan menemukan di daerah ini dan pemandangan hutan hijau subur dari Borneo hewan suara-suara tinggal khusus di dalamnya .

Share pemandangan dia bisa menikmati perjalanan klotok (pengunjung dapat melihat kota Muara Teweh melalui sungai dan bisa melihat aktivitas masyarakat), mandi di sungai Barito, melihat jembatan KH Hasan Basri, menikmati buah papaken khas Kalimantan, mencicipi ikan saluang, menjelajahi hutan di Muara Teweh, pararawen kudus/cagar alam kalalawet. Hutan di kota yang indah ini ada tanaman unik yang disebut paru-paru kayu yang memiliki hak air dari tanaman ini dapat langsung diminum.

10. Rumah Tradisional Longhouse

rumah tradisional longhouse - 10 Tempat Wisata Mengaggumkan di Kalimantan Tengah

Rumah adat Longhouse ini adalah karya suku Dayak yang bermukim di pedalaman Kalimantan, yang memiliki konsep hidup dalam kelompok . Rumah adat suku Dayak memiliki panjang sekitar 180 meter, yang terdiri dari 35 pintu di mana setiap gerbang ditempati 1 rumah tangga.

Rumah ini dibangun dengan kayu ulin, kayu ulin karena rumah ini dapat menyimpan hingga puluhan dan ratusan tahun anti-rayap. Salah satu kebiasaan dari Dayak memelihara hewan, seperti anjing, burung, kucing, babi, atau sapi.

Selain mengobati anjing, suku Dayak juga perlu perannya sebagai teman ketika berburu di hutan. Kebijaksanaan dan keramahan orang-orang di betang membuat daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang ingin mengenal lebih dekat Adat Budaya Dayak di Kalimantan Tengah.

error: Content is protected !!