Home Kalimantan Kalimantan Timur 10 Destinasi Wisata Menakjubkan di Kalimantan Timur

10 Destinasi Wisata Menakjubkan di Kalimantan Timur

271
0

Beribukota di Samarinda, Kalimantan Timur memang memiliki sejumlah potensi wisata yang tak kalah menarik jika di bandingkan tempat-tempat wisata terkenal lain yang ada di Indonesia.

Berbagai destinasi menarik bisa kamu jumpai di sini, mulai dari liburan budaya kearifan lokal masyarakat hingga ‘surga’ wisata air yang tidak terkalahkan. Bahkan beberapa di antaranya menyaingi keindahan Bali lho. Nggak usah mikir dua kali lagi untuk liburan ke Kaltim!. Berikut 10 destinasi wisata tersembunyi yang menakjubkan di Kaltim.

1. Pulau Beras Basah

pulau beras basah - 10 Destinasi Wisata Menakjubkan di Kalimantan Timur

Pulau Beras Basah merupakan destinasi wisata yang sangat populer di Samarinda karena masuk dalam tempat wisata keluarga terbaik. Ombak di sini tenang dan garis pantainya bisa menjadi tempat bermain anak-anak yang menyenangkan. Fasilitasnya pun cukup lengkap, ada banana boat, area kemah, gazebo tepi pantai, perahu untuk disewa, dan lain-lain.

2. Pulau Derawan

pulau derawan - 10 Destinasi Wisata Menakjubkan di Kalimantan Timur

Inilah salah satu destinasi paling populer di ujung Kalimantan Timur. Pulau Derawan menawarkan pesona bahari yang mengagumkan. Berbagai aktivitas seru bisa kamu lakukan, mulai dari snorkeling, diving, surfing, atau sekadar bermain di pinggir pantai. Bagi orang luar Kalimantan, kamu harus menuju Balikpapan dahulu. Kemudian, perjalanan dilanjutkan ke Tarakan atau Berau.

Bagi yang pengin hemat, lebih baik memilih Tarakan, tapi perjalanannya akan memakan waktu lebih lama. Harga penginapan di Pulau Derawan bisa disesuaikan dengan kantongmu. Tersedia homestay dengan harga mulai Rp75 ribu hingga vila untuk rame-rame dengan biaya Rp660 ribu per malamnya.

3. Telaga Biru Tulung Ni’Lenggo

telaga tulung ni lenggo - 10 Destinasi Wisata Menakjubkan di Kalimantan Timur

Wisata dengan air biru jernih lainnya bisa kamu temui di Tulung Ni’ Lenggo. Di sini kamu bisa menyusuri danau asri yang sangat menenangkan. Sangat cocok buat kamu yang menginginkan suasana private. Jangan lupa berenang di danau ya biar makin seru.

4. Samboja Lodge

samboja lodge - 10 Destinasi Wisata Menakjubkan di Kalimantan Timur

Ingin merasakan sensasi baru menginap di tengah hutan didalam sebuah bangunan khas suku Dayak yang merupakan suku asli Pulau Kalimantan? Jangan lewatkan kunjungan wisata Anda ke Samboja Lodge ini. Samboja Lodge adalah sebuah areal penginapan eksklusif yang letaknya berada di daerah Kutai Kartanegara dan berada tepat di tengah hutan hujan tropis Kalimantan.

Desain penginapan ini berarsitektur kayu dengan ukiran khas suku Dayak dan langsung menghadap pemandangan hutan. Sensasi yang dirasakan tamu benar-benar luar biasa. Kapan lagi bisa menginap ditengah hutan Borneo yang kesohor sambil ditemani suara binatang-binatang hutan?

Penginapan ini merupakan bagian dari kawasan hutan konservasi Samboja Lestari yang dikelola oleh Yayasan Borneo Orangutan Survival (BOS). Penginapan ini dilengkapi dengan restoran, layanan kamar, parkir, bar atau lounge yang didesain untuk kenyamanan pengunjung. Aktivitas yang bisa dilakukan disini adalah menikmati suasana alami hutan yang sunyi dan berinteraksi langsung dengan orangutan dan beruang madu yang ada di kawasan konservasi.

5. Bukit Bingkirai

bukit bangkirai - 10 Destinasi Wisata Menakjubkan di Kalimantan Timur

Bukit Bingkirai ini mulai resmi beroperasi pada tahun 1998 dan merupakan wisata hutan hujan tropis alami yang dikelola oleh PT. Inhutani I Unit Manajemen Hutan Tanaman Industri (UMHTI). Letaknya di dekat Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara atau sekitar 58 km dari kota Balikpapan.

Kawasan ini memiliki luas sebesar 1.500 hektar, wisatawan dapat menikmati sejuknya hutan hujan tropis yang rimbun dan segar dengan hamparan pemandangan serba hijau yang menyejukkan mata. Terdapat vegertasi anggrek hutan liar, buah-buahan tropis, dan pohon bangkirai dengan umur lebih dari 150 tahun dan tinggi 50 meter yang menjadi maskot Kalimantan Timur.

Bukit Bangkirai memiliki daya tarik dengan adanya sebuah jembatan bernama Jembatan Tajuk yang terbentang sepanjang 64 meter diatas ketinggian 30 meter. Jembatan kanopi ini menghubungkan 5 pohon bangkirai besar dan dibuat oleh arsitek asal Amerika Serikat di negara asalnya.

Jembatan kanopi ini adalah yang pertama di Indonesia, kedua di Asia dan kedelapan di dunia. Wow, sungguh luar biasa menakjubkan bukan. Untuk bisa naik dan berjalan meniti jembatan ini, wisatawan dikenakan tarif Rp 15.000 untuk lokal Rp 30.000 untuk turis mancangera. Dari jembatan ini, wisatawan bisa menyaksikan indahnya formasi Tajuk Tegakan Dipterocarpaceae yang merupakan ciri dari hutan hujan tropis yang indah dan saling sambung menyambung.

6. Batu Dinding

batu dinding - 10 Destinasi Wisata Menakjubkan di Kalimantan Timur

Batu Dinding adalah gugusan batu kapur putih yang menjulang memagari Sungai Mahakam Ulu. Panjang dinding batu ini berkisar lebih dari 800 meter dengan ketinggian antara 100-200 meter. Dinding batu ini terlihat kokoh bagai tembok raksasa dan sering dijadikan sebagai spot untuk mengambil gambar yang unik dan menarik.

Letak Batu Dinding ini ada di Kabupaten Kutai Kartanegara. Untuk menuju kesana, wisatawan dapat berangkat dari Balikpapan menyusuri jalan raya menuju ke Samarinda.

Sepanjang perjalanan menuju Batu Dinding, wisatawan akan dimanjakan dengan keelokan pemandangan alam yang sangat asri dan cantik dengan rimbunan hutan, tanaman anggrek liar di sepanjang jalan, dan pemukiman rumah-rumah adat yang didiami penduduk asli Kalimantan di sepanjang pesisir sungai Mahakam.

7. Goa Losan

goa losan - 10 Destinasi Wisata Menakjubkan di Kalimantan Timur

Goa Losan adalah objek wisata unik yang hanya bisa ditemukan di Kalimantan Timur. Goa Losan yang dalam bahasa daerah setempat berarti goa tembus, berada di poros jalan lintas Kalimantan Timur – Kalimantan Selatan, tepatnya di Kecamatan Muara Komam. Masuk ke goa ini bagaikan menyelam di perut bumi yang menyimpan harta berupa perhiasan batu-batuan alam dengan bentuk unik, aneh dan menakjubkan.

Wisatawan dapat memasuki goa ini, namun harus dipandu oleh juru kunci atau petugas terlatih dari Dinas Pariwisata setempat. Penerangan di dalam goa hanyalah senter atau obor. Penerangan yang minim ini justru makin menambah sensasi petualangan unik dan menegangkan di dalam goa ini.

Di dalam goa, ada sumber air, deretan batu alam yang jika dipukul bisa mengeluarkan bunyi teratur serupa alat musik sehingga disebut batu bernada, sarang burung walat, dan batu mumi.

Goa ini sangat luas dan berkelok-kelok sehingga bila wisatawan nekat ingin menyusuri goa ini sampai tuntas, waktu yang dibutuhkan tidak tanggung-tanggung, yaitu 10 hari! Harga tiket masuk ke goa ini sangat murah hanya Rp 5.000/orang. Konon di dalam goa terdapat tembusan-tembusan dari tempat satu ke tempat lain yang berupa serambi-serambi yang cukup luas.

8. Pulau Kakaban (Danau Ubur Ubur)

pulau kakaban - 10 Destinasi Wisata Menakjubkan di Kalimantan Timur

Inilah objek wisata yang mungkin paling terkenal seantero Kalimantan dan banyak dikunjungi wisatawan mancanegara yaitu Pulau Kakaban. Pulau ini terletak di gugus kepulauan Derawan, Kabupaten Berau yang merupakan gugus kepulauan yang terkenal dengan keindahan dan kekayaan biota laut dan pemandangan panorama bawah laut yang menakjubkan.

Kepopuleran Derawan nyaris mengalahkan wisata Raja Ampat yang juga bertengger sebagai objek wisata bahari favorit di Indonesia dengan kekayaan bawah laut yang juga luar biasa. Pulau Kakaban ini sangat hijau dan memiliki keistimewaan sebagai salah satu dari dua pulau di dunia yang memiliki danau ubur-ubur. Ya, untuk itulah kenapa pulau ini sangat termahsyur dan menjadi banyak jujugan turis dunia yang menggilai wisata bahari dan peneliti untuk meneliti biota laut yang ada disini.

Danau Ubur-Ubur adalah daya tarik utama pulau ini. Danau tersebut berisi campuran air hujan dan rembesan air laut dari pori-pori tanah yang membentuk suatu habitat endemik bagi ubur-ubur. Ada 4 jenis ubur-ubur di danau ini yaitu Mastigias Papua, Casiopea, Aurelia, dan Golden Jellyfish. Wisatawan bisa menikmati diving atau snorkeling di danau ini hanya dengan biaya Rp 20.000 saja.

Jangan takut akan disengat oleh ubur-ubur karena istimewanya lagi, ubur-ubur yang ada di danau ini tidak mematikan dan daya sengatnya sangat tawar. Perairan laut Pulau Kakaban juga kaya akan berbagai biota laut seperti ikan barakuda, white tip, hammer shark, badut, dan berbagai deretan koral terumbu karang yang sangat cantik.

9. Danau Labuan Cermin

danau labuan cermin - 10 Destinasi Wisata Menakjubkan di Kalimantan Timur

Satu lagi keajaiban wisata alam di Kalimantan Timur yang patut disinggahi, Danau Labuan Cermin. Danau ini adalah surga bawah laut yang terletak di Labuan Kelambu, Kabupaten Berau. Air danaunya sangat jernih dan memiliki keistimewaan yaitu bagian atas danau adalah air tawar dan bagian bawahnya adalah air asin. Ajaibnya, kedua jenis air ini tidak bercampur dan secara kasat mata dapat dilihat bahwa kedua jenis air ini dipisahkan oleh lapisan tipis seperti awan.

Dua jenis air di danau ini juga menghadirkan kehidupan organisme yang berbeda yaitu ikan air tawar yang hidup di permukaan dan ikan air laut yang hidup di dasar danau.

Danau mungil ini dikelilingi hutan dan tebing menjulang tinggi di salah satu sisinya. Tak heran jika danau ini ini bernama Labuan Cermin karena airnya memang sangat jernih sehingga orang bisa bercermin di atasnya. Danau ini cukup jauh dari pusat Kabupaten Berau yaitu 6-7 jam dengan kendaraan darat atau bisa menggunakan sampan nelayan tradisional dengan menembus semak-semak bakau dan rimbunnya hutan pedalaman Kalimantan.

10. Taman Rekreasi Lembah Hijau

taman rekreasi lembah hijau - 10 Destinasi Wisata Menakjubkan di Kalimantan Timur

Lokasi Taman Rekreasi Lembah Hijau ini ada di ibu kota provinsi yaitu Samarinda, tepatnya bersebelahan dengan Kebun Raya Unmul Samarinda.

Taman ini adalah objek wisata alam yang memiliki banyak atraksi untuk menarik pengunjung seperti replika hutan lengkap dengan berbagai jenis kayu khas hutan Kalimantan yaitu rotan, kolam pemancingan, pendopo, dan kafetaria yang bisa digunakan untuk bersantai melepas lelah setelah berkeliling taman. Taman ini juga memiliki arena camping ground dimana wisatawan dapat berkemah disini lengkap dengan tempat penyewaan alat berkemah dan segala perlengkapannya.

Fasilitas outbond dan wahana permainan seperti flying fox, waterboom, dan jarring panjat juga tersedia. Tiket masuk ke taman ini adalah Rp 5.000/orang dan bila ingin menikmati fasilitas outbondnya wisatawan dikenakan biaya Rp 180.000/orang.