Home Sulawesi Sulawesi Barat 10 Destinasi Tempat Wisata Menarik di Sulawesi Barat

10 Destinasi Tempat Wisata Menarik di Sulawesi Barat

232
0

Berkunjung ke Sulawesi belum afdhol rasanya kalau kamu belum singgah ke tempat-tempat wisata di Sulawesi Barat. Alasan nya, Sulawesi Barat memiliki banyak sekali destinasi wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata alam, wisata pantai, wisata budaya hingga wisata kuliner semuanya memiliki daya tarik dan keunikan masing-masing.

Meski beberapa potensi wisata masih perlu dikembangkan, namun pesonanya mampu membuat Sulawesi Barat menjadi salah satu provinsi yang wajib dikunjungi di Sulawesi. Berikut 10 destinasi menarik yang bisa kamu kunjungi di Sulawesi Barat.

1. Pulau Karampuang

pulau karampuang - 10 Destinasi Tempat Wisata Menarik di Sulawesi Barat

Dengan luas 6 km persegi Pulau Karampuang menyimpan kekayaan biota laut yang sangat indah. Terdapat dermaga kayu yang dibangun dari tepi pantai menjorok ke laut sepanjang 500 meter. Di pulau ini terdapat sumur tiga rasa yang lebih dikenal dengan nama sumur jodoh. Di sini juga terdapat Goa Lidah dengan mulut goa yang kecil namun di dalam goa cukup luas dengan dinding yang kokoh. Para pecinta snorkling wajib datang ke sini untuk menikmati pemandangan bawah lautnya yang mempesona.

2. Pantai Manakarra

pantai manakarra - 10 Destinasi Tempat Wisata Menarik di Sulawesi Barat

Pantai Manakarra terletak di kota Mamuju, Sulawesi Barat. Pantai ini menyajikan pemandangan pantai yang berkilau. Keindahan pantai Manakarra didukung dengan anjungan unik yang dihiasi gong perdamaian dan miniatur perahu khas orang Mandar, membuat Pantai Manakarra menjadi salah satu tempat wisata di Sulawesi Barat teramai di jantung Kota Mamuju.

Pantai ini menyajikan pemandangan pantai yang berkilau dan hilir mudik perahu para nelayan sebagai bentuk dari fungsinya sebagai sentra perhubungan (Pelabuhan Batu) di Kota Mamuju. Pantai Manakarra sejak dulu banyak dimanfaatkan sebagai tempat berkumpulnya para kawula muda. Kebanyakan para kauwula muda berkumpul di sekitar pantai ini pada jam 4 sore hingga jam 12 malam.

3. Pesta Pattudu

pesta pattudu - 10 Destinasi Tempat Wisata Menarik di Sulawesi Barat

Pesta Pattudu bukan sebuah tempat wisata, melainkan sebuah kegiatan atau acara yang dibuat untuk anak-anak yang khatam Al-Qur’an. Acara yang juga dikenal dengan Sayang Pattudu atau kuda menari ini digelar setahun sekali saat bulan maulid. setiap daerah akan melaksanakannya masing-masing, tentu dengan jumlah peserta dan waktu yang berbeda-beda.

Acara ini patut Anda lihat karena kita akan melihat sebuah keunikan yaitu anak yang telah khatam Al-Qur’an akan diarak dengan menaiki kuda.

4. Pantai Palippis

pantai palippis - 10 Destinasi Tempat Wisata Menarik di Sulawesi Barat

Satu lagi pantai yang dapat kamu jadikan sebagai tujuan destinasimu selama di Sulawesi Barat. Pantai Palipis. Pantai ini tidak kalah menarik dengan pantai-pantai lainnya sebab pantai palipis memiliki tebing karang yang indah dan sayang jika dilewatkan begitu saja. Kamu hanya perlu menyusuri jalan poros dan sebuah desa sejauh 20 km untuk mencapai Palipis dari Polewali Mandar. Pantai Palipis salah satu pantai indah yang masih asri dan belum banyak terjamah wisatawan

Pantai Palippis dikenal dengan keindahan panorama alam laut yang sangat eksotis. Pantai Palippis berada di jalan poros Sulawesi Barat, tepatnya di Desa Kecamatan Balanipa atau sekitar 20 Km dari ibu kota Polewali Mandar, tidak hanya hamparan pasir putih yang memanjang, di sepanjang pantai juga tampak keindahan alam perbukitan serta batu karang dengan tebing dan goa alam di Lawuang yang memanjang dan bersambung dengan pantai Palippis (kurang lebih tiga kilometer).

Di kawasan ini juga dapat ditemukan tebing karang yang menyerupai ngarai, gua kelelawar yang berada di atas bukit yang membentang tidak jauh dari bibir pantai semakin menambah keindahan pesona pantai Palippis. Jadi, tunggu apalagi untuk singgah di Pantai Palipis.

5. Air Terjun Indo Rannuang

air terjun indo rannuang - 10 Destinasi Tempat Wisata Menarik di Sulawesi Barat

Air terjun ini terletak sekitar 8 km dari kota Polewali. Dengan sungai Limbong Sitodo yang mengalir di bawahnya, menjadikan pemandangan air terjun lebih indah dan alami. Di sekitar air terjun dan sungai terdapat bebatuan dan pohon-pohon yang cukup rapat, jadi suasana di sini cukup asri dengan udara yang sejuk dan segar.

Air yang mengalir sangat jernih dan bersih. Anda bisa mandi atau berenang di dekat air terjun atau sekitar sungai. Tempat wisata ini merupakan salah satu tempat wisata andalan bagi pemerintah daerah setempat dikarenakan pesona alamnya yang mengagumkan.

6. Pantai Dato

pantai dato majene - 10 Destinasi Tempat Wisata Menarik di Sulawesi Barat

Pantai Dato memiliki pasir putih yang bersih, dengan air laut yang jernih pemandangan bawah laut dapat kita saksikan dari atas permukaan laut. Pantai ini bernuansa pantai tropis dan keasriannya masih terjaga dengan baik.

Ada batu karang besar setinggi 20 meter yang bisa kita naiki, dan dari atas kita akan melihat betapa menakjubkannya pemandangan di pantai tersebut. Di puncak karang tersebut kita juga bisa menikmati momen sunset yang sangat indah. Untuk naik ke atas batu karang sudah ada tangga yang telah disediakan.

7. Pulau Gusung Toraja

pulau gusung toraja - 10 Destinasi Tempat Wisata Menarik di Sulawesi Barat

Pulau Gusung Toraja memiliki pasir yang putih bersih sehingga sering disebut juga Pulau Pasir Putih. Meski pulau ini tidak berpenghuni, sudah ada fasilitas yang disediakan pemerintah setempat seperti bangunan dan gazebo yang bisa kita pakai untuk meletakkan barang bawaan.

Namun kita harus membawa bekal yang cukup karena tidak ada satupun penjual makanan atau menyewakan perlengkapan menyelam. Kita dapat menyelam sambil menikmati indahnya terumbu karang. Pemandangan sunrise dan sunset di sini juga tidak kalah indah, jadi sangat disayangkan jika Anda tidak menyempatkan diri ke pulau ini.

8. Rawa Bangun

rawa bangun - 10 Destinasi Tempat Wisata Menarik di Sulawesi Barat

Rawa bangun merupakan tempat wisata yang sangat asri, dan dipenuhi oleh pepohonan dan berbagai jenis tanaman lainnya. Saat kita masuk ke dalam Rawa Bangun nuansa alamnya akan sangat terasa, sejuk, tenang dan benar-benar alami. Di dalam terdapat kolam renang yang airnya langsung dialirkan dari sungai (aliran sungai Biru), dengan dua pancuran yang tak pernah absen mengisi air kolam.

Di dekat kolam renang terdapat 3 kolam ikan, dan kolam tersebut menampung kelebihan air yang meluap dari kolam renang, karena aliran air dari pancuran tidak pernah berhenti. Tentunya sangat menyegarkan bila kita mandi-mandi di sana. Selain itu terdapat gazebo di tengan kolam, yang sangat cocok digunakan untuk bersantai sambil menikmati suasana sekitar.

9. Buntu Liarra

buntu liarra - 10 Destinasi Tempat Wisata Menarik di Sulawesi Barat

Buntu Liarra (Gunung Liarra) merupakan salah satu objek wisata pegunungan di Sulawesi Barat dan cocok bagi mereka yang menyukai wisata petualangan. Objek wisata yang terkenal dengan sebutan ‘Negeri di Atas Awan Mamasa’ ini terletak di Desa Talimbung, Kecamatan Tanduk Kalua, Kabupaten Mamasa. Dari puncak Buntu Liarra, pengunjung bisa menikmati hamparan awan putih dan udara segar khas pegunungan.

Buntu Liarra bisa dicapai melalui perjalanan darat dari Mamuju, ibu kota Sulawesi Barat, ke Kabupaten Mamasa yang berjarak 125 kilometer. Dari Kota Mamasa, selanjutnya wisatawan akan menempuh perjalanan darat sekitar 20 menit dengan kendaraan roda dua menuju Desa Balla Peu, Kecamatan Balla, yang merupakan titik awal untuk melakukan pendakian ke Buntu Liarra.

Beberapa pengunjung kerap memilih menginap dengan mendirikan tenda untuk menikmati matahari terbit dari balik gumpalan awan. Umumnya, pemandangan lautan awan di Buntu Liarra ini bisa dinikmati mulai dari pukul 06.00 WITA sampai pukul 11.00 WITA.

10. Mangrove Rewataa

mangrove rewataa - 10 Destinasi Tempat Wisata Menarik di Sulawesi Barat

Bagi penikmat wisata hutan mangrove, bisa mengunjungi Tracking Mangrove Rewataa atau ‘Jalan Titian Mangrove Rewataa’ yang berada di Kelurahan Lalampanua, Kecamatan Pamboang, Kabupaten Majene. Objek wisata ini terbilang baru karena diresmikan pada 2 Maret 2019.

Adapun fasilitas dalam objek wisata mangrove itu di antaranya jalan titian sepanjang 152 meter, empat unit gazebo yang bisa menjadi tempat beristirahat bagi pengunjung. Kawasan wisata hutan mangrove Rewataa juga memiliki banyak spot foto yang instagramable dan menyuguhkan suasana yang tenang dengan hembusan semilir angin pantai.