Home Sulawesi Sulawesi Selatan 10 Tempat Wisata Memukau di Sulawesi Selatan

10 Tempat Wisata Memukau di Sulawesi Selatan

115
0

Sebagai pintu gerbang kawasan Indonesia Timur, Provinsi Sulawesi Selatan dengan ibukota Makassar memang menjadi provinsi yang paling maju di antara 5 provinsi lain yang ada di pulau Sulawesi. Selain itu, Sulawesi selatan termasuk kategori destinasi wisata nasional yang tak perlu diragukan lagi.

Dijamin anda tidak akan pernah kenal kata menyesal jika berwisata ke sini. Untuk itu, Melalak Indonesia sudah memilihkan 10 tempat wisata memukau yang ada di Sulawesi Selatan. Berikut listnya!

1. Pantai Losari

pantai losari - 10 Tempat Wisata Memukau di Sulawesi Selatan

Pantai Losari jadi ikon Makassar sejak 1970-an. Bahkan pantai ini pernah diangkat menjadi judul film “Senja di Pantai Losari” pada 1975. Pantai sepanjang 2 km ini merupakan ruang public. Pada 1980-1990-an, pantai ini menjadi meja makan terpanjang di dunia, karena banyaknya penjual makanan kaki lima.

Namun pada 2000-an direvitalisasi dan kini menjadi beranda kota Makassar, sekaligus pusat perhelatan seni budaya. Pantai Losari juga dikelilingi hotel berbintang, Trans Studio, Benteng Rotterdam, dan kawasan hiburan malam.

2. Taman Nasional Bantimurung

taman nasional bantimurung - 10 Tempat Wisata Memukau di Sulawesi Selatan

Ikon pariwisata Makassar ini sejatinya berada di Kabupaten Maros. Keunikan Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung adalah bebatuan atau tebing karst-nya, goa-goa dengan stalaknit dan stalakmit yang indah, dan yang paling dikenal adalah kupu-kupu.

Keelokan Bantimurung disebut Alfred Russel Wallace sebagai The Kingdom of Butterfly (kerajaan kupu-kupu). Ia tak berlebihan menyebut Bantimurung sebagai kerajaan kupu-kupu, pasalnya sepanjang 1856-1857, ia meneliti 250 jenis kupu-kupu yang hidup di Bantimurung.

Di dalam taman nasional ini terdapat 20 jenis kupu-kupu yang dilindungi melalui Peraturan Pemerintah No. 7/1999. Beberapa spesies unik bahkan hanya terdapat di Sulawesi Selatan, yaitu Troides Helena Linne, Troides Hypolitus Cramer, Troides Haliphron Boisduval, Papilo Adamantius, dan Cethosia Myrana. Taman Nasional ini menyuguhkan wisata alam yang komplit, berupa lembah bukit kapur yang curam dengan vegetasi tropis, air terjun, dan gua yang merupakan habitat beragam spesies serangga, terutama kupu-kupu.

3. Pulau Kapoposang

pulau kapoposang - 10 Tempat Wisata Memukau di Sulawesi Selatan

Pulau Kaposong, pulau kecil dari gugusan pulau lainnya di Sulawesi selatan. Pulau ini adalah lokasi yang pas untuk kamu para pecinta diving. Perairan jernih dan tak tercemar. Berenang bersama ikan kecil warna-warni, terumbu karangnya yang bagus, dan berenang bersama penyu adalah tawaran menarik yang harus kamu dicoba.

Pulau Kaposong menjadi lokasi tempat bertelurnya penuyu sisik, jadi tak heran bila di perairan Kaposong kamu akan menemukan banyak penyu di lautnya.

4. Pulau Samalona

pulau samalona - 10 Tempat Wisata Memukau di Sulawesi Selatan

Pulau Samalona memiliki air tenang yang sangat jernih dengan perpaduan pasir yang sangat lembut berwarna putih. Kamu bisa menikmati keindahan terumbu karang dari atas perahu, senorkeling atau diving. Namun sayangnya, setiap tahunnya pulau ini menyusut karena evolusi alam.

5. Pantai Appalarang

pantai appalarang - 10 Tempat Wisata Memukau di Sulawesi Selatan

Batu karang memanjang yang megah, menjadi daya tarik paling dari Pantai Appalarang. Tebing-tebing karang ini memanjang dari utara ke selatan. Pantai ini memang terbentuk bagi penikmat pemandangan.

Karena tak ada hamparan pasir putih untuk bermain-main air. Kecuali untuk mereka yang pandai berenang, bisa berenang di pinggiran karang. Itu pun mereka harus waspada dengan karang-karangnya yang tajam.

6. Pantai Tanjung Bira

pantai tanjung bira - 10 Tempat Wisata Memukau di Sulawesi Selatan

Pantai Tanjung Bira sudah tersohor namanya sampai ujung dunia, dengan degradasi paduan biru, putih dan hijau yang sangat mangagumkan, degradasi ini akan nampak jelas jika anda melihat keindahan pantai tanjung bira dari udara. Dijamin keren abis! Pantai ini terletak sekitar 210 kilometer dari kota Makassar, bisa ditempuh dengan perjalanana darat sekitar 4-5 jam.

Tepatnya berada di kabupaten Bulukumba, sekitar 40 km dari pusat kota. Dengan buaian batu karang yang indah dan pasir putih yang sehalus terigu, pantai ini menjadi primadona baik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Pantai Tanjung Bira juga menyajikan sensasi panorama alam yang luar biasa, ditempat ini anda bisa menyaksikan matahari terbit dan terbenam dengan cantik. Pemandangan dua pulau didepanya juga menjadi sensasi tersendiri yaitu pulau Liukang loe dan pulau kambing (tidak berpenghuni). Ditempat ini anda bisa memanjakan diri bersantai dan menikmati semilir angin, apalagi sekarang sudah dibangun banyak fasilitas pendukung, seperti tempat parkir, penginapan, hotel, villa, bungalow, restaurant dan terdapat juga pelabuhan fery yang bisa anda gunakan jika ingin menjelajah ke pulau selayar.

7. Museum Balla Lompoa

museum balla lompoa - 10 Tempat Wisata Memukau di Sulawesi Selatan

Museum ini berada di jalan Hsanuddin No.48 Sungguminasa, Somba Opu, Kabupaten Gowa, yang berbatasan langsung dengan Kota makassar. Museum Balla Lompoa merupakan rekonstruksi dari istana kerajaan Gowa yang didirikan oleh pemerintahan Raja Gowa ke-31 tepatnya pada tahun 1936 masehi, dan direstorasi pada tahun 1978-1980 masehi.

Museum ini berisi benda-benda kebesaran peninggalan sejarah kerajaan Gowa, sperti mahkota kerajaan, berbagai manuskrip, pakaian adat, senjata sakti, dan berbagai koleksi alat-alat yang menjadi perlengkapan upacara adat kerajaan. Sedangkan arsitektur bangunan ini, berbentuk rumah khas orang Bugis yaitu rumah panggung, yang terbuat dari kayu ulin atau besi.

Dibangun diatas tanah seluas satu hektar yang dibatasi oleh tembok yang menjulang tinggi. Bangunan ini terdiri dari dua bagian, ruang utama seluas 60×4.5 meter, didalamnya terdapat kamar pribadi raja, tempat penyimpanan benda-benda bersejarah, bilik kerajaan, dengan luas masing-masing 6×5 meter, dan ruang penerima tamu seluas 40 x 4.5 meter. Bangunan ini banyak sekali jendelanya karena merupakan ciri khas dari rumah bugis, ukuran masing-masing jendela sekitar 0.5×0.5 meter.

Disamping bangunan utama sekarang dibangun utama museum telah dibangun rumah adat Tamalate, yang bertujuan untuk mendirikan kembali bentuk istana Tamalate yang pernah dibangun pada masa kejayaan kerajaan gowa pada abad ke XV dan untuk melestarikan budaya bangsa melalui pembangunan yang kontekstual.

8. Pemandian Air Panas Lejja

pemandian air panas lejja - 10 Tempat Wisata Memukau di Sulawesi Selatan

Pemandian Air Panas Lejja berjarak sekitar 179 kilometer ke arah utara kota makassar. Pemandian ini berada di daerah pegunungan, memiliki panorama alam yang indah, sejuk dan sangat menarik untuk dikunjungi untuk berrekreasi. Terletak di Desa Bulu, Kecamatan Marioriwa sekitar 44 Km dari kota Watansoppeng. Untuk datang ke sini, anda perlu menaklukan jalanan yang terjal tetapi sarat dengan pemandangan indah.

Dan salah satu yang menarik adalah di sini juga banyak ditemukan kelelawar (julukan kabupaten Soppeng adalah kota Kalong). Suhu air di pemandian ini bisa mencapai 60 derajat celcius sehingga sering dipercayai dapat menyembuhkan penyakit gatal-gatal dan rematik. Selain kolam umum, di sini juga tersedia “private pool” berbentuk kamar-kamar untuk berendam dengan khasiat menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit, terutama kulit.

9. Benteng Ujung Pandang (Fort Rotterdam)

fort rotterdam - 10 Tempat Wisata Memukau di Sulawesi Selatan

Benteng ini tempat yang tak kalah menarik untuk anda kunjungi jika menjelajah ke sulawesi selatan yaitu Benteng Fort Rotterdam. Benteng ini merupakan benteng yang menjadi saksi bisu, tempat diamana pangeran Doponegoro pernah ditahan dan diasingkan. Jadi bisa dikatakan bahwa Benteng ini memiliki sejarah yang sangat panjang dan melekat sebagai bagian dari sejarah bangsa Indonesia.

Benteng Ujung Pandang ini jika dilihat dari udara nampak jelas berbentuk seperti seekor epnyu yang hendak merangkak turun ke lautan. Bentuk penyu ini mempertegas filosofi Kerajaan Gowa, bahwa penyu dapat hidup di darat maupun di laut. Begitu pun dengan Kerajaan Gowa yang berjaya di daratan maupun di lautan.

10. Trans Studio Makassar

trans studio makassar - 10 Tempat Wisata Memukau di Sulawesi Selatan

Trans Studio Makassar merupakan taman hiburan indoor terbesar kedua di Indonesia setelah Trans Studio Bandung, dan merupakan yang paling besar di kawasan timur Indonesia. Kompleks hiburan raksasa ini memiliki lebih dari 20 macam wahana yang terbagi dalam 4 kawasan – beberapa di antaranya bahkan tak kalah dengan yang ada di Universal Studios maupun Disneyland!

Awali petualangan Anda di kawasan Studio Central, di mana suasana glamour khas Hollywood di era 60an terasa begitu kental. Saksikan pertunjukan musikal ala Broadway di Trans City Theatre, lalu rasakan efek green-screen yang menakjubkan di Studio Tour. Selanjutnya mulailah penjelajahan alam liar di area Lost City atau bermain-main dengan aneka tokoh kartun yang jenaka dan penuh warna di Cartoon City.

Sebagai penutup, bersiaplah terpukau dengan aneka trik dan atraksi sulap di Magic Corner. Dijamin, dari anak-anak sampai orang dewasa pasti akan senang menghabiskan waktu di sini!