Home Sumatera Sumatera Barat 10 Tempat Wisata Seru di Sumatera Barat

10 Tempat Wisata Seru di Sumatera Barat

139
0

Sumatra Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Sumatra dengan Padang sebagai ibu kotanya. Sama seperti daerah lain di Indonesia, Sumatera Barat juga menyimpan sejumlah destinasi wisata yang tak dapat di remehkan. Banyak tempat wisata yang indah disana. Jika kamu datang mengunjungi Sumatera Barat, jangan lupa untuk mengunjungi 10 obyek dan tempat wisata seru di bawah ini!

1. Jam Gadang

jam gadang - 10 Tempat Wisata Seru di Sumatera Barat

Jam Gadang adalah salah satu ikon wisata di Sumatera Barat yang harus kamu kunjungi. Jam yang mempunyai nilai histori tinggi ini telah ada sejak jaman penjajahan Belanda dulu. Jam Gadang sendiri mempunyai luas 13 x 4 meter serta tinggi 26 meter yang terdiri atas beberapa tingkat. Bagian paling atas dari jam gadang adalah tempat penyimpanan bandul jam yang pada tahun 2007 silam pernah patah karena gempa besar yang melanda Sumatera Barat termasuk juga Bukit tinggi.

Uniknya, dari jam ini yaitu angkanya. Apabila angka empat romawi umumnya ditulis dengan simbol IV, tapipada jam gadang angka IV ditulis dengan IIII, dan ini bukan hal yang lazim. Di sekitar jam Gadang, kamu dapat menemukan Pasar Bukit Tinggi yang begitu terkenal dengan harga barangnya yang murah meriah, apalagi bila kamupandai menawar serta membelinya dalam jumlah banyak.

2. Kepulauan Mentawai

mentawai - 10 Tempat Wisata Seru di Sumatera Barat

Kepulauan Mentawai ini mencakup 4 pulau besar yaitu Pulau Sipora, Pulau Siberut, Pulau Pagai Utara, serta Pulau Pagai Selatan. Siberut merupakan pulau paling besar, dan satu-satunya Pulau yang mempunyai layanan pelayaran reguler yang menghubungkan Siberut dengan Pulau Sumatera terutama Padang.

Sebagai suatu pulau terbesar, pusat kota serta administrasi mentawai juga terdapat di Pulau ini, tepatnya di kota Tuapejat yang letaknya ada di Sebelah Utara. Tercatat kurang lebih ada 400 titik surfing di kepulauan Mentawai, mulai dari ombak yang sedang hingga ombak yang paling menantang yang di cari peselancar dunia.

Desa bosua merupakan salah satu diantara tujuan para peselancar yang populer di dunia dengan ombak yang mencapai 3 meter. Namun hati-hati dengan pantainya yang agak berkarang. Mentawai juga menawarkan objek wisata trekking ke hutan pedalaman tropis yang masih sangat asri dan alami dengan beragam satwanya yang hidup di dalamnya. Sementara penduduk setempat yang dikenal dengan masyarakat Mentawai masih tradisional serta memegang teguh tradisi mereka.

3. Pantai Padang

pantai padang - 10 Tempat Wisata Seru di Sumatera Barat

Pantai Padang menjadi destinasi wisata di Sumatera Barat yang harus dikunjungi. Untuk menjangkau Pantai Padang cukup mudah, kamu pergi ke pusat Kota. Orang Padang menyebut Pantai Padang dengan sebutan TAPLAU (TAPI LAUIK). Panorama disini begitu indah sekali.

Ombaknya juga cukup menantang bila kamu hobi berselancar. Beragam cemilan dapat dinikmati disini, seperti jagung bakar, masakan laut, udang kepiting, bermacam minuman dan lain sebagainya.

4. Lembah Anai

lembah anai - 10 Tempat Wisata Seru di Sumatera Barat

Air terjun lembah anai adalah salah satu obyek wisata di Sumatera Barat yang begitu populer. Objek wisata ini selalu ramai terlebih saat akhir pekan.Tempatnya yang ada di pinggir jalan lintas Padang-Padang Panjang (Bukit Tinggi) menjadikan objek wisata ini sangat mudah sekali untuk dijangkau.

Air terjun dengan ketinggian sekitar 40 meter ini mempunyai debit yang besar, airnya yang jernih dan dingin membuat udara disekitarnya juga dingin. Untuk masuk, kita hanya mengeluarkan uang sebesar Rp. 2000 atau Rp. 3000 saja.

5. Danau Singkarak

danau singkarak - 10 Tempat Wisata Seru di Sumatera Barat

Danau singkarak yang terbentang luas, serta menjadi danau terluas kedua sesudah danau toba. Luas danau ini sekitar 107,8 km². Danau ini mempunyai sejuta potensi yang dapat dikembangkan, salah satunyayaitu pembangkit listrik.

Di danau ini juga ada satu pagelaran internasional yang diselenggarakan satu kali dalam dua tahun, yaitu tour de singkarak. Pesepeda dari berbagai negara akan turut serta dalam festival internasional ini.

6. Istana Pagaruyung

istana pagaruyung - 10 Tempat Wisata Seru di Sumatera Barat

Sumatera Barat begitu terkenal dengan warganya yang masih melindungi serta menjunjung tinggi nilai-nilai budayanya. Salah satu peninggalan budaya masyarakat minangkabau yaitu Istana Pagaruyung, atau Istano Basa. Yang letaknya di kecamatan Tanjung Emas, kota Batusangkar, kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Istana ini adalah obyek wisata budaya yang populer di Sumatera Barat.

Istana ini mempunyai nilai histori yang sangat kental sekali, dibangun oleh keluarga kerajaan Pagaruyung di Batusangkar yang memiliki ciri khas Minangkabau. Di dalam istana ada beberapa barang peninggalan kerajaan yang masih terpelihara dengan baik. Di sekitar istana ini kita bisa menikmati keindahan alam dengan udara yang sejuk.

Pagaruyung merupakan kediaman Raja Minangkabau sebagai pusat pemerintahan. Saat ini rumah gadang yang ada disana adalah tiruan dari Istana yang aslinya dengan lukisan di dinding luar serta atap yang menjulang berbentuk tanduk kerbau.

7. Lembah Harau

lembah harau - 10 Tempat Wisata Seru di Sumatera Barat

Lembah Harau merupakan disebut juga Green Canyon nya Sumatera Barat. Lokasinya dekat dengan kota Payakumbuh, dan lembah ini diapit oleh dua bukit cadas yang terjal dengan ketinggian kurang lebih 150 meter. Bentuk topografi dari Lembah Harau berbukit serta bergelombang, di sekitaran Lembah Harau jugamasih memiliki udara yang bersih serta pengunjung bisa lihat keindahan alam.

Di sekitar Lembah Harau ada tebing granit yang terjal dan tingginya sekitar 80 – 300 meter. Pada lokasi wisata Lembah Harau terbagi jadi dua tempat yakni Sarasah Bunta yang terdapat 5 air terjun dan kolam penampung air terjun serta tempat wisata yang lain yaitu akar berayun dan kolam untuk berenang dengan keluarga, serta ada tempat untuk tempat berkemah. Lembah Harau ini memiliki keindahan alam yang menakjubkan hingga dijadikan sebagai rute baru dalam lomba sepeda Tour de Singkarak.

8. Danau Maninjau

danau maninjau - 10 Tempat Wisata Seru di Sumatera Barat

Danau Maninjau merupakan sebuah danau vulkanik yang terletak di ketinggian 461,50 meter di atas permukaan laut. Luas Danau Maninjau sekitar 99,5 km² serta mempunyai kedalaman maksimum 495 meter. Danau ini berada di kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Danau ini terletak sekitar 140 kilometer sebelah utara Kota Padang, ibukota Sumatera Barat, 36 kilometer dari Bukittinggi, dan 27 kilometer dari Lubuk Basung, ibukota Kabupaten Agam.

Cekungannya terbentuk lantaran letusan gunung yang bernama Sitinjau (menurut legenda setempat), hal ini tampak dari bentuk bukit sekitar danau yang mirip seperti dinding. Menurut legenda di Ranah Minang, keberadaan Danau Maninjau berhubungan erat dengan cerita Bujang Sembilan. Bila melihat keindahan danau maninjau ini di atas bukit atau di jalan kelok 44, ketika sore hari saat cuaca tidak terlalu mendung, kita akan menyaksikan danau maninjau airnya seperti naik ke langit melalui celah cahaya yang tembus.

9. Goa Jepang

goa jepang - 10 Tempat Wisata Seru di Sumatera Barat

Goa atau Lubang Jepang ini adalah bangunan peninggalan saat penjajahan Jepang di Bukit Tinggi. Ini adalah penjara sekaligus markas pertahanan penjajah Jepang yang didirikan pada tahun 1942-1945. Ketika Jepang menjajah bangsa Indonesia, pembangunan Lubang Jepang dilakukan lewat cara Romusa atau kerja paksa.

Lubang Jepang memliki luas sekitar 2 hektar, didalamnya kamu akan dituntun dengan menuruni tangga yang sudah dibangun. Lorong–lorong yang ada didalamnya memberikan tempat–tempat sesuai dengan keperluan masing–masing.

10. Pantai Aie Manih

pantai aie manih - 10 Tempat Wisata Seru di Sumatera Barat

Siapa yang tidak kenal dengan legenda malin kundang? Legenda ini sangat dikenal masyarakat lantaran anak durhaka yang dikutuk menjadi batu.

Nah, konon legenda itu terjadi di Padang Selatan, di Pantai Air manis atau pantai aie manih. Pantai Aie Manih terkenal dengan pantainya yang luas serta landai, saat pasang surut, wisatawan bisa menjangkau Pulau Pisang Ketek (kecil) yang letaknya kurang lebih 200 meter didepan dengan berjalan kaki ketikapasang surut.