Tirta Gangga

1 min read

Tirta Gangga - Tirta Gangga

Jika kamu ke pulau bali, Jangan lupa untuk berkunjung ke objek wisata Tirta Gangga Karangasem yang satu ini. Tempat ini tidak kalah menarik dengan yang sudah Melalakindonesia.com bahas sebelumnya seperti Garuda Wisnu Kencana Atau Air Terjun Gitgit yang ada di pulau dewata.

Tirta Gangga Bali merupakan taman air peninggalan Kerajaan Karangasem dan dibangun oleh Raja Karangasem pada tahun 1946. Nama taman tirta gangga memiliki sebuah arti air suci dari sungai gangga India.

Dalam pembangunan taman ini juga dimaksudkan sebagai penghormatan pada masyarakat yang memeluk agama Hindu. Akibat letusan gunung agung sekitar tahun 1963, kawasan taman Tirta Gangga sempat mengalami renovasi besar-besaran.

Tiga hal yang bisa kamu temui di taman Tirta Gangga Karangasem adalah kebun, kolam air dan patung. Lokasi taman ini sejatinya berada di tengah areal persawahan dan air yang ada di taman ini berasal dari mata air Rejasa. Taman ini masih milik kerajaan Karangasem.

Menurut catatan kami Luas taman Tirtagangga ini adalah 1,2 hektar. Lokasinyamemanjang dan membentang dari arah timur ke barat. Terdapat tiga tingkatan bangunan di taman Tirtagangga Bali. Pada puncak tertinggi terdapat mata air yang berada di bawah pohon beringin. Bangunan level kedua terdapat kolam renang dan bangunan yang terbawah terdapat kolam hias dengan air mancur.

Rute Lokasi

Tirta Gangga Karangasem berlokasi di Jalan Raya Abang Desa Adat, Ababi, Abang, Kabupaten Karangasem, Bali 80852. Tidak sulit untuk ketempat ini mengingat tempat ini sangat terkenal oleh masyarakat sekitar.

Kamu dapat berangkat dari arah bandara Ngurah Rai atau wilayah Bali Selatan seperti Kuta dan mengagendakan tour di Bali untuk menuju taman air Tirta Gangga, maka anda butuh waktu sekitar 2 jam perjalanan dengan mobil.

Ambil arah melalui by pass Ida Bagus Mantra. Lalu yang mana pada kawasan tersebut anda akan bertemu sejumlah objek wisata populer lainnya seperti Taman Bali Safari and Marine Park, Goa Lawah dan Candidasa. Kamu bisa berkunjung ke tempat-tempat tersebut tanpa banyak menyita waktu, karena lokasinya di pinggir jalan raya utama.

Harga Tiket Masuk

Perlu untuk pembaca di situs Melalakindonesia.com ketahui, bahwa tiket masuk ke tirta gangga karangasem bali ini sangat terjangkau loh.

Dengan Rp 25.000/orang sebagai tiket masuk, kamu sudah bisa menikmati keindahan di Tirta Gangga. Namun demikian, jika kamu ingin berenang, perlu membayar Rp 10.000 per orang.

Fasilitas

Destinasi wisata Tirta Gangga ini memang memiliki nilai historis kental peninggalan jaman kerajaan Karangasem, Maka tidak heran jika tempat ini selalu padat pengunjung baik lokal maupun mancanegara.

Sebagai tempat tujuan wisata, berbagai fasilitas sarana disediakan kawasan ini, lokasi parkir mobil cukup luas, tersedia restaurant, warung makanan, minuman, toko oleh-oleh, parkir kendaraan, ATM dan juga beberapa penginapan menyuguhkan pemandangan sawah menarik.

Air di Taman Tirta Gangga sangat jernih. Pasalnya, air yang digunakan berasal dari mata air Rejasa yang mengalir ke kota Amlapura. Dua pertiga dari pasokan air tersebut digunakan untuk mengisi kolam-kolam di Tirta Gangga.

Taman Tirtagangga - Tirta Gangga

Selain kolam yang terdapat air suci, ada juga kolam renang yang diperuntukkan bagi wisatawan. Jika ingin berenang di kolam ini, pengunjung harus membayar kembali Rp 10.000. Kolam yang digunakan adalah kolam air sanih yang juga memiliki air jernih dan segar. Kolam renang untuk anak-anak dibedakan dengan dewasa karena kedalaman kolamnya berbeda. Jangan lupa membawa handuk dan pakaian ganti setelah basah badan selepas berenang.

LokasiJalan Raya Abang Desa Adat, Ababi, Abang, Kabupaten Karangasem, Bali 80852
HTMRp 25.000
Jam Buka08.00 – 18.00
Telepon(0363) 22503

Pantai Sanur

Peter Juan
1 min read

Bali Safari & Marine Park

Peter Juan
2 min read
error: Content is protected !!